PESANTREN DAN PEMBARUAN: ARAH DAN IMPLIKASI
(1) IAI An Nur Lampung, Indonesia
(2) IAI An Nur Lampung, Indonesia
(3) IAI An Nur Lampung, Indonesia
(4) IAI An Nur Lampung, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia dan didirikan berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Doktrin-doktrin Islam yang dipelajari dan disebarkan pesantren pada akhirnya tertanam kuat dalam budaya Islam Indonesia. Tanpa pesantren, tidak mungkin untuk mempromosikan penghormatan terhadap tradisi budaya Islam. Pesantren diharapkan bisa berkembang menjadi pusat kebudayaan dan peradaban Islam di Indonesia. Dalam hal ini, Pertama, Kiai merupakan elemen utama dari pesantren, mengajarkan prinsip-prinsip keagamaan sehingga dapat menekankan strategi khasnya untuk menerapkan ajaran Islam; kedua adalah santri, yang sangat penting di pesantren karena menunjukkan seberapa jauh pendidikan Islam telah datang dan seberapa baik diajarkan; ketiga adalah Masjid, yang berfungsi sebagai tempat shalat dan pengajaran agama. Hal ini membutuhkan ruang khusus, yang kompleksitasnya bervariasi sesuai dengan misi pesantren. keempat adalah Madrasah, yaitu tempat berlangsungnya proses belajar mengajar; terakhir kelima adalah tempat tinggal, yang disebut asrama atau pondok; dan lima hal ini semuanya diperlukan
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Apriyanti, D., Syarif, H., Ramadhan, S., Zaim, M., & Agustina, A. (2019). Technology-Based Google Classroom In English Business Writing Class BT - Proceedings of the Seventh International Conference on Languages and Arts (ICLA 2018). 689–694. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icla-18.2019.113
Azra, A. (1996). Pembaruan Pendidikan Islam: Sebuah Pengantar” pada buku Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag RI.
Dhofier, Z. (1982). Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. LP3ES.
Hasbullah, S. P. I. di I. (2010). Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, cet. ke-3. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hasyim, M. (2016). Modernisasi Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif KH. Abdurrahman Wahid. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 168–192.
Marfiyanti, M., Zulmuqim, Z., & Samad, D. (2021). PESANTREN DAN PEMBAHARUAN ARAH DAN IMPLIKASI. Mau’izhah, 11(2), 1–24.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2005). Qualitative data analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.
Nizar, S. A. (2008). Sejarah dan Dinamika Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana Prenada.
Nurul, P., & Kediri, H. (2015). Inovasi Pendidikan Berbasis Masyarakat : Studi Kasus terhadap. 18(1), 40–55.
Prasodjo, S. (2001). Profil Pesantren” dalam Abuddin Nata. Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Penerbit Grasindo.
Rahardjo, M. D. (1995). Pesantren dan pembaharuan. LP3ES.
Rakhmawati. (2012). Pola Pengasuhan Santri Di Pondok Pesantren Dalam Mengantisipasi Radikalisme Agama (Studi Perbandingan Pondok Pesantren Ummul Mukminin dan Pesantren Pondok Madinah). Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.
Sadali, S. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 53–70.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.
Studies, I.-N. C. in I. (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren: suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren (Vol. 20). INIS.
Usman, M. I. (2013). Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini). Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 14(1), 127–146.
Wohlin, C., Mendes, E., Felizardo, K., & Kalinowski, M. (2020). Guidelines for the Search Strategy to Update Systematic Literature Reviews in Software Engineering. Information and Software Technology. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2020.106366
Yunus, M. (1960). Sedjarah Pendidikan Islam di Indonesia. Pustaka Mahmudiah.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).