PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MASA TRANSISI COVID 19 DI SMPN 35 BEKASI

Wiwi Sri Wahyuni(1*), Eka Putri(2)

(1) Universitas Panca Sakti
(2) Universitas Panca Sakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pola asuh (X) ini berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y) kelas VII di SMPN 35 BEKASI. Teknik pengambilan sampel menggunakan perhitungan rumus slovin. Dengan hasil perhitungan yaitu 82 sampel siswa dan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berikut hasil penelitian ini : 1) Uji signifikan diperoleh nilai Fhit = 47,458 dengan tinglat p-value = 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak. Maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi variabel partisipasi. Sehingga, variabel X dan Y signifikan maka pola asuh orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. 2) Ho ditolak karena diperoleh hasil uji signifikansi koefisien korelasi dengan p-value 0,647 < 0,05 dan Fhit = 47,458. Sedangkan persentase koefisien determinasi adalah 0,418 yang artinya pola asuh mempengaruhi motivasi belajar siswa sebanyak 41,8%.

Keywords


Pola Asuh; Motivasi Belajar; Siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374

Masrifatin, Y. (2015). Dominasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Ranah Kognitif Afektif Dan Psikomotor. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 129–145.

Riyanto, S. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Dibidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6.

Shalihati, S. F. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Semester Iv Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 2, 96–102.

Yuliastuti, M. E., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Kristen 2 Salatiga. Psikologi Konseling, 15(2), 518–530. https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16203.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.14755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).