Pengaruh Peran Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di PKBM Bina Citra Insani di Gunung Putri Bogor
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peran kepala sekolah terhadap mutu pendidikan yang dipimpinnya, yakni di PKBM X. Metode penelitan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan di dalam mendukung penelitian ini adalah data yang diperoleh dari survey dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah beserta guru-guru di PKBM X. Sample yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 15 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Hasil dari penelitian ini terwakili dalam bentuk peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hasil dari analisis ini menunjukkan secara jelas bahwa peran kepala sekolah terhadap mutu pendididikan di PKBM X adalah tidak signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata persentase yang sangat kecil yakni, 38,8%
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aedi, N. (2016). Manajemen Pendidik & tenaga pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, W. (2013). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daryanto. (2008). Administrasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Maimun, A. (2010). Madrasah unggulan lembaga pendidikan alternatif di era kompetitif. Malang: UIN Maliki Press.
Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 119-125. doi:https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88
Masus, S. (2011). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Otonomi Pendidikan. Jurnal MEDTEK, 3, 2.
Muflihah, A., & Haqiq, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. QUALITY, 7(2), 48-63. doi:http://dx.doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039
Mulyasa, E. (2009). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&b. Bandung: Alfabeta.
Supartilah, & Pardimin. (2021). Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138-149. doi:https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9892
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.14542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).