PREDIKSI PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMKN 3 DEPOK BERDASARKAN GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN ATURAN MAMDANI

Wulan Anggraeni(1*), Indra Suyahya(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh prediksi prestasi belajar ekonomi berdasarkan gaya belajar menggunakan aturan mamdani. Urgensi dari penelitian ini adalah sampai saat ini belum ada penelitian yang memprediksi prestasi belajar ekonomi berdasarkan gaya belajar selain itu hasil prediksi dapat digunakan untuk mengetahui nilai dari prestasi belajar ekonomi berdasarkan gaya belajar. Subyek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK N 3 Depok. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa kesalahan prediksi nilai kewirausahaan jurusan pemasaran, perbankan syariah, akuntansi perbankan, dan teknik komputer jaringan secara berturut-turut adalah 18,57 %; 28,78 %; 37,2 %; dan 43,95 %. Hasil prediksi yang memiliki tingkat kesalahan terkecil adalah prediksi prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas XI jurusan pemasaran, sedangan hasil prediksi yang memiliki tingkat kesalahan tertinggi adalah prediksi prestasi belajar kewirausahaan. Semua hasil prediksi yang diperoleh tidak memuaskan, karena tingkat kesalahannya besar.
Kata kunci : Prestasi belajar, kewirausahaan, aturan madani.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Chen, G. Pham, T.T, 2001. Fuzzy Sets, Fuzzy Logic, and Fuzzy Control System. CRC Press. New York.

Deporter, B., 2002. Quantum Learning Membiasakan belajar Nyaman dan Menyenangkan. Allyn Bacon. Boston.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Lucy. 2016. Tes Minat & Bakat Anak. Penebar Plus. Jakarta.

Maiyetri, R. Ansofino. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Padang. Journal of Economic and Economic Education. 2 (2):100-109.

Munawaroh. 2015. Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Prosiding Seminar Nasional. 9 Mei, 2015, Semarang, Indonesia. Hal. 586-596.

Moon, J. (2002). The Module & Programme Develompment handbook a Practical guide to linking levels, learning outcomes & asessement. London: Kogan.

Nasution, S. 2008. Berbagai pendekatan dalam Proses BelajarMengajar. Bumi Aksara. Bandung.

Rose, C., Nicholl, M. J. 2002. Accelerated Learning for the 21st Century. Nuansa yayasan Cendikia. Jakarta.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Yogyakarta.

Sobry, S. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Prospect. Bandung.

Subini, N. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Javalitera. Yogayakarta.

Thursan, H. 2000. Belajar Secara Efektif. Puspa Swara. Jakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Kencana. Jakarta.

Witte, R.H. (2012). Clasroom asesment for teachers. Newyork: McGraw-Hill.

Winkle. 2005. Psikologi Pengajaran. Media Abadi. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v3i1.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).