PERAN TINGKAT INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI di SMA NEGERI GUGUS 01 KABUPATEN TANGERANG
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Tingkat intelegensi dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar Ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel diambil sebanyak 60 siswa dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, standar deviasi dan statistika inferensial yaitu untuk mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Tingkat intelegensi dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di gugus 01 Kabupaten Tangerang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,005 dan F hitung 13,037 yang berarti bahwa terdapat kontribusi Intelegensi dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar Ekonomi sebesar 31,4%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Tingkat intelegensi terhadap Prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Gugus 01 Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,010 < 0.05 dan t hitung = 2,674 yang menunjukkan bahwa terdapat kontribusi Intelegensi terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 15,81%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Gugus 01 Kabupaten Tangerng dibuktikan dengan nilai sig 0,011 < 0,05 dan t hitung = 2,644 yang menunjukkan bahwa kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi sebesar 15,55%.
Kata kunci: Tingkat Intelegensi, Motivasi belajar, Prestasi belajar Ekonomi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Djaali, H, 2008. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, Oeman, 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi . Jakarta : Bumi Aksara.
Mulyasa, E, 2004. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.
Winkel, W.S, 1996. Psikologi Pengajaran, Edisi Yang Disempurnakan, Cetakan ke-4, Jakarta : Erasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v3i1.1449
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).