PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK MENGENAI KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI MA AN-NIZHAMIYYAH CILEUNGSI, BOGOR

Nyai Suhartini(1*), Elin Karlina(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik mengenai kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI MA AN-NIZHAMIYYAH Cileungsi, Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian kuantitatif dengan pendekatan survey dan tes hasil belajar peserta didik. Jumlah sampelnya adalah 32 peserta didik. Adapun simpulan penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh persepsi peserta didik mengenai kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar ekonomi, dengan didukung hasil perhitungan regresi didapat adalah ? = 55,518 + 0,317???? hal ini menunjukkan bahwa nilai regresi tersebut bernilai positif dan searah, perhitungan korelasi didapat data rhitung sebesar 0,581 hal ini menunjukkan bahwa terdapat kategori hubungan yang sedang, hasil koefisien determinasi didapat jumlah kontribusi persepsi peserta didik mengenai kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar sebesar 33,75 %, serta berdasarkan hasil uji hipotesis didapat nilai thitung > ttabel (3,91>2,04) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh persepsi peserta didik mengenai kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar ekonomi.
Kata kunci : Persepsi Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buku:

Cangara, Hafied. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Hidayat, Syarif. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Kennedy dan Soemanagara. (2009). Marketing Communication. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rakhmat, Jalaludin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Surakhmad, Winarto. (2012). Strategi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. (2010). Komunikasi Media Massa. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Perundangan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jurnal:

Amalia, I. (2012). Hubungan Persepsi Tentang Kompetensi Guru Dan Penyesuaian Diri Siswa Dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas IV SD Se-Kecamatan Pejagon, 1 (3) hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v3i1.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).