PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK ATAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI

Yunita Endra Megiati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari motivasi belajar dan persepsi peserta didik atas kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi. Penelitian Deskriptif ini menggunakan metode penelitian survey dengan sampel berjumlah 57 peserta didik yang dipilih secara acak dari kelas XI SMA Swasta di kecamatan Gunung
Putri kebupatian Bogor Jawa Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Data tentang motivasi belajar, persepsi peserta didik atas kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar Sosiologi diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti. Hasil analisa pengaruh dari motivasi belajar dan persepsi peserta didik atas kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar
Sosiologi diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0.827 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.684, serta persamaan garis regresi Y = -32.35 + 0.456 X1 + 0.471 X2. Hasil pengujian didapatkan bahwa : terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar dan persepsi peserta didik atas kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi.
Kata kunci: motivasi belajar, persepsi peserta didik atas kompetensi pedagogik guru, prestasi belajar


References


Ahmadi, Iif Khoiru., dan Amri, Sofan. 2011. Metode Pembelajaran Terpadu : Analisis Kritis Tentang Metode, Strategi, Evaluasi, dan Media Pembelajaran Bidang Studi Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, dan Isu Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (ed. ketiga). Jakarta : Balai Pustaka.

Fathurrohman, Pupuh., dan Sutikno, M. Sobry. 2009. Strategi Belajar Mengajar : Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung : Refika Aditama.

M, Sardiman A. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, Encon. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

______. 2009. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan : Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sarwono, Sarlito W.2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (ed.

rev).Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005, 2010, Bandung, Citra Umbara.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).