PENGARUH AKTIVITAS ORGANISASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar biologi, mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar biologi dan mengatahui pengaruh aktivitas organisasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar biologi
SMA di kecamatan Sawangan Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah sampel 40 orang pengurus OSIS terdiri dari 26 siswa SMAN 5 Depok dan 14 Orang dari siswa SMA Islamiyah Sawangan Depok,. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket. Analisa data meliputi analisis deskriptif, koefisien korelasi sederhana pearson,
koefesien determinasi, dan koefisien jalur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2014 sampai dengan bulan Januari 2015. Hasil penelitian menunjukkan : (1) tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar biologi siswa ditunjukan oleh thitung = 1,218 lebih kecil dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,216 (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan aktivitas organisasi terhadap kemandirian belajar ditunjukan oleh thitung = 2,838 lebih besar dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,418 (3) tidak tedapat pengaruh langsung yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa ditujukan oleh thitung = 0,016 lebih kecil dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,093 (4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung aktivitas organisasi terhadap prestasi belajar biologi siswa melalui kemandirian belajar ditujukan oleh thitung = 1,115 lebih kecil dari ttabel = 2,026 dengan koefesien jalur = 0,394.
Kata kunci : aktivitas organisasi, kemandirian belajar, prestasi belajar biologi
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Al Khalili Abdussalam. 2005. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Bloom, B., et.al. 1956. Taxonomi of Educational Objectives : cognitive domain book. New York : Longman.
Dedi Supriyadi. 2000. Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK.
Bandung: Alfabeta.
Etzioni, Amitai. 1982. Modern organization (Organisasi-organisasi modern). Jakarta: UI-Press Yusuf LN.
Goodman and Smart. 1999. Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.
Hayati Y. 2008. Perilaku Organisasi. Bandung : Alfabeta.
Hakim, Thursan. 2007. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Niaga Swadaya
Oemar Hamalik. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Jakarta: Gramedia.
Poerwodarminto,W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Sardiman. 1997. Cara-cara Belajar yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press.
Sudjana. N. 1999. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 1997. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syamsul dan Nurihsan Juntika, A. 2008.Teori kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdaka.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 & Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru dan dosen, (Bandung: Penerbit Citra Umbara, 2009)
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1431
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).