PENGARUH LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Albertus Maria Setyastanto(1*), Endy Grade Tampubolon(2), Iramdan Iramdan(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Mata kuliah kewirausahaan merupakan mata kuliah wajib dan syarat yang dikategorikan sebagai mata kuliah UPM. Keberhasilan mata kuliah ini harus memiliki nilai 62–100 atau grade C–A. Berdasarkan hasil UTS diketahui nilai mahasiswa di beberapa kelas memiliki nilai rata-rata sebesar 61 atau grade C. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar mahasiswa tergolong standar. Hasil belajar yang standar diperlukan tindakan pencegahan agar tidak menurun. Salah satu cara yang dilakukan yaitu mengetahui faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kampus terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan asosiatif di Prodi pendidikan ekonomi Unindra pada semester ganjil 2019/2020. Populasi dan sampel yang didapatkan sebanyak + 376 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online via google form yang di uji validitas dan reliabilitasnya, lalu diolah menggunakan uji regresi linear dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan kampus terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan secara signifikan


Keywords


Lingkungan Kampus; Hasil Belajar; Mahasiswa; Kewirausahaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hapsari, T. P. (2018). Peran Lingkungan Kampus Dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 197-214.

Setiawan, D., Saputra, H. D., & Nasir, M. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 67-74.

Vhalery, R. (2019). Pengaruh Komitmen Belajar dan Lingkungan Kampus Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 48(1), 18-22.

Zuhro, C. (2016). Pengaruh Sikap, Motivasi dan Metode Mengajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada MKDU Bahasa Inggris Di Politeknik Negeri Jember. Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.14283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).