IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN (DIKTUK) BINTARA POLRI SPN HINAI POLDA SUMUTTESI

Maya Sari Dwi(1*), Amiruddin Siahaan(2), Neliwati Neliwati(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(2) UIN Sumatera Utara
(3) UIN Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen pendidikan karakter pada siswa Diktuk Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut. Fokus kajian yang diuraikan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendidikan karakter pada siswa Diktuk Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Kemudian, data dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter pada siswa pendidikan pembentukan Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut sudah memiliki perencanaan yang tersusun dan terarah, seperti dengan adanya pembuatan laporan persiapan; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa pendidikan pembentukan Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut di bentuk dari peraturan dasar kepolisian (Perdaspol) dengan metode latihan, dadri situ lah akan menghasilkan sikap yang baik; dan (3) Penilaian pendidikan karakter pada siswa pendidikan pembentukan (Diktuk) Bintara Polri telah sesuai dengan pedoman peraturan kalemdiklat polri no 02 tahun 2017 tentang sistem penilaian pendidikan polri, di dalam perkap itu harus lulus 3 aspek yang pertama adalah aspek akademik, yang kedua aspek mental kepribadian, yang ketiga aspek kesehatan dan kesamaptaan jasmani.penilaian pendidikan harus dilakukan terus menerus untuk mengetahuhi perkembangan karakter siswa


Keywords


Pendidikan Karakter; DIKTUT; Bintara Polri

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Addendum KEP/2463/XII/2020 atas Surat Perintah No. KEP/2463/XII/2020 Kapolri Tentang Program Diklat Polri

Ardi, Novan Wiyani. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT. Pustaka Madani.

Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: CV. Yrama Widya.

Barnawi dan M. Arifin. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter Cetakan I. Jogjakarta: Arruz Media.

Kusrina, T., & Purwanto, B. E. (2021). MENUMBUHKAN SIKAP KARAKTER UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT GENERASI MUDA BERKELANJUTAN DI KOTA TEGAL.

Madjid, Abdul dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: RosdaKarya.

Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2015 tentang Sistem Pembinaan Polri

SK Komisaris Polda Sumut Lampiran No.: KEP/1477/XII/2019 Struktur Organisasi dan Tata Kerja Lingkungan Kepolisian

Zubidi. (2011). Desain pendidikan karakter. Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putra Utama 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).