MANAJEMEN PENDIDIK MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN DELI SERDANG

Azwardi Azwardi(1*), Syaukani Syaukani(2), Mara Samin Lubis(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Manajemen pendidik dilaksanakan dengan memfungsikan semua sumber daya yang ada secara optimal. Hal ini disebabkan karena seluruh proses diharuskan melibatkan seluruh komponen yang ada agar dapat mengelola serta menfungsikan seluruh komponen agar sesuai dengan fungsinya masing-masing guna memperoleh hasil pendidikan dan pembelajaran yang bermutu. Tujuan dari penelitain ini adalah agar dapat memperoleh pemahaman mengenai Representasi manajemen pendidik madrasah aliyah swasta di kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan Pendekatan Fenomenologis. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini terbagi 2 yakni sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu Ketua Yayasan, Kepala Madrasah, Guru, dan Murid. Dan sumber data sekunder yakni dokumen – dokumen madrasah, jurnal, catatan lapangan, dan berbagai dikumentasi lainnya. Prosedur pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Setelah itu dilaksanakan Uji keabsahan data melalui Pengujian kredibilitas, dependability, transferability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Deli Serdang telah menerapkan fungsi manajemen pendidik. Hal ini didasari pada temuan penelitian dan diperoleh data yang menunjukkan bahwasanya Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Deli Serdang telah melaksanakan seluruh tahapan-tahapan dalam manajemen. Tahapan-tahapan manajemen tersebut meliputi perencanaan pendidik, pelaksanaan pendidik, kontrol pendidik dan evaluasi pendidik


Keywords


Manajemen; Pendidik; MA

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Eugene dan Sylvia Angelini. (2020). Manajemen Kurikulum untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Diurutkan: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 3(2): 214-21.

Kunani. (2020). Membangun Standar Manajemen Berbasis Organisasi Berkualitas (Survei MTSN 16 Jakarta Timur). Al Amin: Jurnal Kajian dan Kebudayaan Islam 3(2): 226-36.

Majorno. (2018). Akuntabilitas Madrasah: Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1): 29-41.

Nasti, Faulinda Gali dan Aghani Rizki Nimal 'Abdu. (2020). Mempersiapkan Pendidikan Indonesia untuk Era Masyarakat 5.0. Jurnal EdcomTech Penelitian Teknologi Pendidikan 5(1): 61-66.

Ningsih, Kartini Devi, Eddie Harapan dan Destiny. (2021). Dampak Dewan Madrasah dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Monitoring Pendidikan) 6(1): 1-14.

Ritter, Barbara A, Erica E. Small, John W. Mortimer dan Jessica L. Bucket. (2017). Merancang Kurikulum Manajemen untuk Kesiapan Tempat Kerja.: perkembangan siswa,keterampilan lunak. Jurnal Pendidikan Manajemen 1-24.

Susanto, Haspari, Rambat Nur Sasongko dan Muhammad Kristiawan. (2021). Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Era Globalisasi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Guru 4(1): 135-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).