PERANAN PARTISIPASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGKATAN KERJA DI DKI JAKARTA TAHUN 2009-2013

Yessy Purnamasari
Dini Amaliah

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan partisipasi pendidikan (APS, APM dan APK) dalam meningkatkan partisipasi angkatan kerja di DKI Jakarta tahun 2009-2013.
Penelitian ini dilakukan di Badan Pusat Statistik (BPS). Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda sedangkan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, Uji-f dan determinasi (R²) , yang sebelumnya telah dilakukan Uji Normalitas menggunakan Uji Normal Probability Plot, Uji Multikolonieritas dan Uji Heteroskedastisitas.
Berdasarkan Uji Normalitas dikatakan bahwa residual berdistribusi normal, uji multikolenieritas VIF = 1,020 < 10 dan nilai Tolerance = 0,980 > 0,1 ; sehingga disimpulkan tidak terdapat multikolinearitas antara X1,X2, dan X3 dalam model regresi dan uji heteroskedastisitas model penelitian tidak terdapat permasalahan heteroskedastisitas.Berdasarkan dari Uji Hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan pengujian parsial (Uji-t), didapatkan hasil APS dan APM berperan secara signifikan terhadap partisipasi angkatan kerja dan APK tidak berperan secara signifikan terhadap partisipasi angkatan kerja. Sedangkan pengujian simultan (uji-f) diketahui Fhitung=224,333>Ftabel=216 maka Ho ditolak dan disimpulkan partisipasi pendidikan (APS, APM dan APK) berperan signifikan secara simultan terhadap partisipasi angkatan kerja. Nilai R² 0,9985. Hal ini berarti 99,85% dipengaruhi oleh variabel-variabel independen dan sisanya 0,15% dipengaruhi diluar model.
Kata Kunci:Partisipasi Pendidikan (APS, APM dan APK), Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK).


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Buku:

Badan Pusat Statistik (BPS). 2013. Jakarta Dalam Angka . Jakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta.

-----. 2014. Jakarta Dalam Angka . Jakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta.

-----. 2013. Keadaan Angkatan Kerja Di DKI Jakarta. Jakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta.

Hidayat, Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Rahardja, Prathama, dkk. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Simanjuntak, Payaman. 2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: LPFE-UI.

Tirtarahardja, Umar, dkk. 2008. Pengantar pendidikan, Cetakan 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Jurnal:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 11 Februari 2015. Seminar South East Asia Bereau Chief The Economist, Indonesia Summit 2015.

www.kemendiknas.go.id/kemendikbud/berita/3813 diakses pada 25 Februari 2015.

Network For Education Watch Indonesia (NEW Indonesia). 05 September 2014. MK diminta Tetapkan Wajib Belajar 12

Tahun.http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt54098ff1b5bbc/mk-dimintatetapkan- wajib-belajar-12-tahun diakses pada 15 Februari 2015.

Undang-Undang:

Peraturan Perundang-undangan

Kajian Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i1.1420

Article metrics

Abstract views : 52 | Full Text views : 426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).