PENGARUH PERSISTENSI DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP SWASTA JAKARTA TIMUR

Mohamad Lutfi Nugraha(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tidak langsung persistensi diri dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014.Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini diambil secara sederhana (simple random sampling) dengan mengambil sampel 40 siswa. Sebelumnya instrumen telah diuji validitas, realibilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal sehingga terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Homogenitas serta uji linieritas dengan menggunakan uji analisis jalur. Hasil dari analisis jalur : 1) tidak terdapat pengaruh langsung persistensi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Dengan kontribusinya sebeser 0,98%; 2) tidak terdapat pengaruh langsung kebiasaan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kontribusinya sebesar 15,87% ; 3)terdapat pengaruh langsung persistensi diri terhadap kebiasaan belajar. Kontribusi langsung persistensi diri (X1) terhadap Kebiasaan belajar (X2) sebesar 0,9872 x 100% = 97,41%.: 4) tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan persistensi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui kebiasaan belajar.
Kata Kunci : Persistensi diri, Kebiasaan Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri dan Zain. 2006. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elfiky, Ibrahim. 2008. Terapi Berfikir Positif. Penerbit : Zansan.

Fatimah. 2011. Faktor Penentu Obyektivitas dan Kreativitas. Majalah Ilmiah Edisi Maret-April 2011. Sekeretariat LPPM UNINDRA.

Heruman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munandar, Hutami. 2003. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Nasution dan Thomas. 2009. Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Jakarta : Bumi Aksara

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supardi, U. S. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Peneltian. Jakarta : Ufuk Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i1.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).