Penerapan Model Belajar Problem Based Learning (PBL) Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Pada SMP N 1 Setu
(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author
Abstract
Penulisan ini diarahkan untuk memutuskan pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ujian ramah siswa kelas VIII 5 SMP N 1 Setu. Jumlah tes dalam tinjauan ini adalah 35 siswa. Metode pengujian yang diterapkan dalam review ini adalah model pembelajaran percakapan kelas yang diperkirakan dari hasil belajar siswa kelas VIII 5 secara kolektif siklus 1 dan pertemuan siklus 2. Sedangkan pada siklus berikutnya kelompok mendapat nilai tipikal 70,57 dengan responden 35 Siswa jelas tidak ada perbedaan yang mencolok sebelum menggunakan model pembelajaran percakapan kelas. Selanjutnya setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada kelompok siklus utama dan kelompok siklus berikutnya, diperoleh nilai normal 82,66 pada kelompok siklus dasar dan 91,35 pada kelompok siklus berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa spekulasi Ha diakui dan Ho ditolak mengingat adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII 5 SMP N 1 Setu
Keywords
Model Pembelajaran; Problem Based Learning; PBL; Hasil Belajar
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Joulanda, M. D. (2021). Hubungan Rasa Percaya Diri Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 4 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Mahdi, A. N. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Siswa Kelas VIII Mts Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajar 2015/2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).