Penerapan Model Belajar Problem Based Learning (PBL) Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Pada SMP N 1 Setu

Afifah Salma Untari(1*), Chientya Annisa Rahman Putrie(2)

(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penulisan ini diarahkan untuk memutuskan pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ujian ramah siswa kelas VIII 5 SMP N 1 Setu. Jumlah tes dalam tinjauan ini adalah 35 siswa. Metode pengujian yang diterapkan dalam review ini adalah model pembelajaran percakapan kelas yang diperkirakan dari hasil belajar siswa kelas VIII 5 secara kolektif siklus 1 dan pertemuan siklus 2. Sedangkan pada siklus berikutnya kelompok mendapat nilai tipikal 70,57 dengan responden 35 Siswa jelas tidak ada perbedaan yang mencolok sebelum menggunakan model pembelajaran percakapan kelas. Selanjutnya setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada kelompok siklus utama dan kelompok siklus berikutnya, diperoleh nilai normal 82,66 pada kelompok siklus dasar dan 91,35 pada kelompok siklus berikutnya. Hal ini menunjukkan bahwa spekulasi Ha diakui dan Ho ditolak mengingat adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII 5 SMP N 1 Setu

Keywords


Model Pembelajaran; Problem Based Learning; PBL; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Joulanda, M. D. (2021). Hubungan Rasa Percaya Diri Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN 4 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mahdi, A. N. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Siswa Kelas VIII Mts Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajar 2015/2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).