URGENSI DAN PRAKSIS NYATA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM KELUARGA

Indah Purnama Sari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak : Keluarga merupakan lingkungan sekaligus sarana pendidikan informal
yang paling dekat dengan anak. Kontribusinya terhadap keberhasilan pendidikan
anak didik cukup besar, mencapai 70%, sisanya (lebih kurang 30%) anak
mengikuti pendidikan di sekolah.Hanya saja sampai saat ini lingkungan keluarga
belum bisa berperan optimal dalam mendukung keberhasilan pendidikan anak
didik. Mengingat Indonesia masih sangat minim entrepreneur, hanya kisaran
0,18%, sedangkan angka yang menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara adalah minimal memiliki 2% entrepreneur untuk dapat disebut sebagai negara maju, maka kajian dalam tulisan ini menjelaskan urgensi dan praksis nyata pendidikan kewirausahaan dalam keluarga. Permasalahan dikaji menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui studi literatur, observasi dan interview. Proses internalisasi kewirausahaan yang telah diwujudkan melalui
praksis nyata dapat menjadi rujukan untuk penelitian selanjutnya dan sebagai
bahan kajian pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, sekaligus upaya
menghidupkan kembali Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan
Kewirausahaan sesuai Instruksi Presiden No.4 tahun 1995.
Kata kunci : internalisasi wirausaha, pendidikan kewirausahaan, keluarga wirausahawan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Basrowi. 2011. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Ghalia Indonesia: Bogor.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Patrikha, Finisica. 2012. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga dan di Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Self-efficacy Siswa SMK (SMEA) di Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sunarya, Abas dkk. 2011. Kewirausahaan. Andi: Yogyakarta.

Soemanto,Wasti. 1996.Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Wiraswasta.Bumi Aksara: Malang.

Tampubolon, Manahan P. 2008. Perilaku Keorganisasian Perspektif Organisasi Bisnis. Ghalian Indonesia : Bogor.

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Yunus, Muh. 2008. Islam dan Kewirausahaan Inovativ.UIN-Malang Press:

Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i2.1413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).