PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON PADA MATERI SALAT JAMAK DAN QASAR DALAM PAI DI SMPN I PANYABUNGAN BARAT

Rahmida Putri(1*), Abd. Mukti(2), Rusydi Ananda(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas, efektivitas dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran animasi powtoon berbasis materi jamak dan qasar di SMP Negeri I Panyabungan Barat. Penelitian ini mengadopsi metode R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan, dan penelitian ini mengadopsi model pengembangan 4-D, yang meliputi empat tahap yaitu definisi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Hasil dari studi pengembangan ini adalah 1). Penilaian verifier Media dan Materi yang diperoleh memiliki tingkat validitas skor rata-rata keseluruhan 85,5%, atau menggunakan kriteria sangat baik atau sangat efektif dalam pembelajaran 2). Hasil angket sebelum menggunakan media (pre-test) mendapat 70,4 poin, dan hasil analisis data angket setelah menggunakan media (post-test) mendapat 89,4 poin. Setelah data diperoleh, bandingkan dan terakhir gunakan rumus N-Gain untuk menghitung selisih/perbandingan keduanya. Berdasarkan hasil diffing/comparing keduanya menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai 0,64. 3) Tingkat kepraktisan berdasarkan hasil analisis tanggapan guru PAI terhadap angket, dengan rata-rata 4,68, dengan standar praktik baik/cukup. Hasil analisis respon siswa terhadap angket sebesar 7,38, dan penggunaan media pembelajaran praktikum dalam melaksanakan pembelajaran sebanyak siswa yang merespon hal tersebut.

 


Keywords


Pengembangan; Media; Animasi Powtoon; Jamak; Qasar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Atapukan, E. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Smp Nergeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Makasar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9169-Full_Text.pdf

Awalia, I. & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika di kelas 1V SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1).

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatmawati, S. D. (2020). English Word your hand. SMAN 1 Tongas Probolinggo. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/154036-1601864702.pdf

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamka. (2015). Tafsir Al Azha. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta: DIVA Press.

Mascita, D. E. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Melalui Bahan Ajar Teks Cerpen Beorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2).

Nuh, M. (2014). Media Pembelajaran Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Paksi, H. P. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Thiagarajan, S., dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.14123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).