PENERAPAN METODE FGD (FOCUS GROUP DISCUSION) DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN WIRAUSAHA MAHASISWA MELALUI KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN

Novita Delima Putri(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak : Wirausaha merupakan salah satu upaya mengatasi pengangguran dan
kemiskinan. Pergeseran pandangan profesi mahasiswa setelah lulus yang awalnya karyawan menjadi pengusaha, harus dibarengi dengan usaha memupuk semangat dan keterampilan wirausaha (entrepreneurial skill) mereka. Usaha tersebut dilakukan dalam bentuk wadah formal berupa mata kuliah kewirausahaan.
Penelitian ini mempunyai tujuan mengidentifikasi entrepreneurial skill mahasiswa peserta kuliah kewirausahaan dan pengusaha, sehingga dapat disusun model dan modul pembelajaran yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan mellaui kuisioner dan diskusi kelompok terarah (FGD) serta review mendalam (in-depth review), terhadap sampel yang diambil secara purposive. Hasil penelitian ini mendukun penelitian sebelumnya bahwa ada terdapat enam karakkteristik yang dimiliki wirausaha yaitu, Percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, keorisinilan, dan berorientasi ke masa depan. Terdapat perbedaan keteraampilan yang dimiliki mahasiwa dan pengusaha, untuk menyelaraskannya perlu diterapkan metode pembelajaran yang member kesempatan kepada mahasiswa untuk bias mengalami sendiri situasi wirausaha dengan mentor para pengusaha.
Kata kunci: keterampilan wirausaha, pengusaha, karakteristik, FGD


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Drucker,P.F. 1985 Innovetion and entrepreneurship, New York : Happer & Row.

Gorman, Hanlam dan King (1997) some research perspective on entrepreneur education, enterprise, education and education for small business management. A ten literature review. Int. Small Business.

Upton et al (1995). Have we made differences? An Examination of career activity entrepreneurship major since 1984, Frontiers of Enterpreneurship Reasrch.

Charney dan Libercap (2000), the Contribution of enterpreneurship education: An analysis of the berger programme, international Journal of Enterprenewur Education.

Greene, F.J. and Saridakis, G (2008). The role of higher education skills and support in graduate self-emplyoment, studies in Higher Education, Vol 33, No.6, 653-672.

Kirby, David. 2002 Enterpreneurship. Mc Graw Hill, UK

Pretorius, 2008. Assesment of eneterpreneurship Education: A pilot study. www.Up.ac.za.

Kolb, D 1984. Expreintial Learning: Experiences as the Source of Learning and Development Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall

Rokhayati, Hijroh, dkk (2011), Pengembangan Model Praktik Kerja Program Studi D3 Akuuntasi Terintegrasi dengan UKMK Untuk Peningkatan Soft Skill dan Jiwa Kewirausahaan, Procceding LPPM

Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Penerbit Salemba Empat. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i2.1412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).