KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH DESA SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Syubbanul Akhyaril Aliya(1*), Rusydi Ananda(2), Yusuf Hadijaya(3)

(1) UIN Sumatera Utara
(2) UIN Sumatera Utara
(3) UIN Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan: 1) Merencanakan kebijakan peningkatan mutu pendidikan siswa oleh guru Madrasah Istiqomah Ibtidaiyah Swasta di Desa Sei Mencirim; 2) Madrasah Istiqomah Swasta Istiqomah Sei Mencirim Program kerja guru yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa 3) Madrasah Istiqomah Swasta Istiqomah Desa Sei Mencirim, supervisi yang dipimpin guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Deli Serdang, Desa Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Madrasah Swasta Istiqomah Ibtidaiyah, Madrasah Swasta Istiqomah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kebijakan perencanaan peningkatan mutu pendidikan siswa yang dilakukan oleh guru Madrasah Istiqomah Swasta Desa Istiqomah Sei Mencirim memerlukan beberapa pendekatan desain yang menampilkan praktik desain, yaitu; a) menganalisis kebutuhan siswa di kelas; b) menerapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa; c) menggunakan alat; d) menentukan teknik, jenis dan strategi pengajaran; e) anggaran untuk fasilitas dan layanan untuk meningkatkan fasilitas (infrastruktur). 2) Peningkatan kualitas pendidikan siswa berdasarkan kegiatan semester mingguan dan kegiatan tahunan pada program kerja guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta Istiqomah Desa Sei Mencirim yang dilakukan. Kegiatan tahunan ini terdiri dari kegiatan jangka pendek, menengah dan panjang. 3) Madrasah Istiqomah Swasta Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang Guru Desa Istiqomah Sei Mencirim mengawal peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa melalui kegiatan pelatihan atau pengembangan dalam bentuk workshop guru

 


Keywords


Kebijakan; Mutu Pendidikan; Sei Mencirim

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ansari, K. (2006). Pendidikan Bermutu Unggul. Bandung: Cita Pustaka.

Darianto, S. (2003). Mutu Pendidikan Terkini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2000). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Menengah Umum Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djati, I. (2015). Peranan Lingkungan Belajar. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rochaety. Eti. (2015). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Saefullah, U. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Setia.

Sutisna, O. (1989). Administrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa.

BSNP. (2006). Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Menengah SMP-MTS-SMPLB. Jakarta: BP Cipta Jaya.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).