TRANSFORMASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MERDEKA BELAJAR

Windi Megayanti(1*), Kholifatul Husna Asri(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) STEI Tiara (YASNI)
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas transformasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar. Metode kulitatif dengan teknik analisis komparatif deskriptif sebagai metode yang digunakan dalam kajian penelitian. Objek penelitian ini ialah gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan membandingkan sebelum dan sesudah diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar. Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah sebelum diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar lebih berorientasi administratif dan manajerial. Hal ini seperti yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar menyatakan bahwa “Kepala sekolah bertanggung jawab akan penyelenggaraan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana sekolah, penguatan tenaga kependidikan dan juga kegiatan pendidikan”. Sedangkan setelah diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar, kepala sekolah dituntut untuk dapat memotivasi guru, murid, dan orang tua dalam melaksanakan kebijakan merdeka belajar. Peran kepala sekolah menjadi sangat penting seperti pemimpin perusahaan yang menjadi poros dan acuan bagi seluruh karyawannya. Untuk itulah, dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan Merdeka Belajar, kepala sekolah kemudian bertransformasi layaknya seorang chief executive officer (CEO) sebuah perusahaan


Keywords


Gaya Kepemimpinan; Merdeka Belajar; Gaya Kepemimpinan CEO

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Fertilia, Y. (2013). Aplikasi Siklus PDCA (Plan, Do, Check, Action) Dalam Upaya Menurunkan WIP (Work In Process) Produk Chicken Nugget di PT. Belfoods Indonesia.

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech, 08(01), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v8i1.107288

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138

Asri, Kholifatul Husna, dkk. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penyerapan Lulusan Berbasis Industri. Research and Development Journal of Education vol 7, no. 1 April 2021. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7788

Sururi, Nani Hartini, Munipah. (2020). Kinerja Kepala Sekolah di SD untuk Mewujudkan "Merdeka Belajar". Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 18 (03) 214-224. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357

Sutisna, M. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Relevansinya di Era Pendidikan Masa Kini. Biormatika, 3(2). http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/78

Wibowo, U. B. (2008). Output Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 02, 17–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).