TRANSFORMASI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MERDEKA BELAJAR
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) STEI Tiara (YASNI)
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas transformasi gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan kurikulum Merdeka Belajar. Metode kulitatif dengan teknik analisis komparatif deskriptif sebagai metode yang digunakan dalam kajian penelitian. Objek penelitian ini ialah gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan membandingkan sebelum dan sesudah diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar. Hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah sebelum diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar lebih berorientasi administratif dan manajerial. Hal ini seperti yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar menyatakan bahwa “Kepala sekolah bertanggung jawab akan penyelenggaraan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana sekolah, penguatan tenaga kependidikan dan juga kegiatan pendidikan”. Sedangkan setelah diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar, kepala sekolah dituntut untuk dapat memotivasi guru, murid, dan orang tua dalam melaksanakan kebijakan merdeka belajar. Peran kepala sekolah menjadi sangat penting seperti pemimpin perusahaan yang menjadi poros dan acuan bagi seluruh karyawannya. Untuk itulah, dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan Merdeka Belajar, kepala sekolah kemudian bertransformasi layaknya seorang chief executive officer (CEO) sebuah perusahaan
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Fertilia, Y. (2013). Aplikasi Siklus PDCA (Plan, Do, Check, Action) Dalam Upaya Menurunkan WIP (Work In Process) Produk Chicken Nugget di PT. Belfoods Indonesia.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech, 08(01), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v8i1.107288
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., & Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138
Asri, Kholifatul Husna, dkk. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penyerapan Lulusan Berbasis Industri. Research and Development Journal of Education vol 7, no. 1 April 2021. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7788
Sururi, Nani Hartini, Munipah. (2020). Kinerja Kepala Sekolah di SD untuk Mewujudkan "Merdeka Belajar". Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 18 (03) 214-224. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Sutisna, M. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Relevansinya di Era Pendidikan Masa Kini. Biormatika, 3(2). http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/78
Wibowo, U. B. (2008). Output Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 02, 17–30.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).