PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP PEMANFAATAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Ni Ketut Pertiwi Anggraeni(1*), Rita Karmila Sari(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris telah berubah dari metode konvensional di mana siswa dapat berada dalam kondisi pembelajaran tatap muka dengan guru dan teman-temannya, kini menjadi modern dengan bantuan teknologi yang melibatkan berbagai platform seperti Quizizz yang dapat di akses secara gratis dan mudah digunakan. Media Quizizz sudah sering digunakan pengajar dalam proses pembelajaran maupun penilaian secara daring.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pandangan mahasiswa Teknik Informatika terhadap penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menjabarkan data yang diperoleh, metode pengumpulan data menggunakan kuesioneryan memanfaatkan google form. Selain itu, dilakukan wawancara kepada beberapa responden mahasiswa untuk mendapatkan analisis data yang lebih komprehensif untuk memperkuat hasil kesimpulan kuesioner. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Quizizz diterima secara positif di kalangan mahasiswa karena efektivitas, kelayakan, dan kemudahan penggunaan, serta dapat meningkatkan motivasi mereka. Maka, penggunaan Quizizz dapat menjadi salah satu media pembelajaran dan penilaian pembelajaran bahasa inggris pada tingkat universitas

 


Keywords


Quizizz; Media Pembelajaran; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online (B. A. Darmanto (ed.); 2nd ed.). Universitas Terbuka.

Bicen, H., & Kocakoyun, S. (2018). Perceptions of students for gamification approach: Kahoot as a case study. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(2), 72–93. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i02.7467

Elianur, C. (2020). Pilihan Media Pembelajaran Daring Oleh Guru Pai Di Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.142

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simamarta, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Irhamni. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar. Jurnal Intelektualita, 1(5), 111–119.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan: MISSIO, 10(1), 48–52.

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107

Munawir, A., & Hasbi, N. P. (2021). THE EFFECT OF USING QUIZIZZ TO EFL STUDENTS ’ ENGAGEMENT AND LEARNING OUTCOME. English Review: Journal of English Education, 10(1), 297–308.

Prasongko, A. (2021). Quizizz as Fun Multiplying Learning Media in English Lecturing Process. Edulink (Education and Linguistics Knowledge) Journal, 3(1), 14–23.

Zuhriyah, S., & Pratolo, B. W. (2020). Exploring students’ views in the use of quizizz as an assessment tool in english as a foreign language (efl) class. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5312–5317. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081132




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).