PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA PADA MATERI INTEGRAL

Titin Supriyatin(1*), Resy Catur Masanggeni(2)

(1) Universitas Indrapasta PGRI
(2) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi hubungan antara efikasi diri terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI pada materi Integral. Penelitian termasuk jenis penelitian korelasional, sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi universitas indraprasta PGRI semester 2 berjumlah 34 orang yang sedang mengikuti mata kuliah Kalkulus Integral. Adapun Untuk Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemeberian angket dan tes, teknik ini sendiri bertujuan untuk memperoleh data efikasi diri dan untuk nilai yang peneliti gunakan adalah nilai dari hasil UTS sehingga peneliti memperoleh data pemahaman konsep matematika mahasiswa pada materi Integral. Adapun teknik analisis data yang digunakan guna menguji hipotesis penelitian yaitu menggunakan teknik analisis korelasi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa efikasi diri mahasiswa pada mata kuliah kalkulus memiliki koefisien korelasi sebesar 0,35. Hal ini berati bahwa variabel efikasi diri mempunyai pengaruh yang siginfikan terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa pada materi integral semester 2 program studi pendidikan biologi Universitas Indraprasta PGRI Jakarta


Keywords


Efikasi Diri; Pemahaman Konsep; Integral

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Alfaiz, A., Zulfikar, Z., & Yulia, D. (2017). Efikasi Diri sebagai Faktor Prediksi Kesiapan Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Kuliah. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 119–124. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p119

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Ghufron, M. N. (2018). Penyesuaian Akademik Tahun Pertama Ditinjau Dari Efikasi Diri Mahasiswa. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 1(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v1i1.3860

Jahring, J., Nasruddin, N., Marniati, M., & Tahir, T. (2021). Efikasi Diri Mahasiswa Pada Perkuliahan Persamaan Differensial. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 199. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.10104

Khomariyah, S., & Dr. Janet Trineke Manoy, M. P. (2014). MATHE dunesa. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas X, 3(2), 187–194.

Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442

Purnomo, M. E. R., Sari, C. K., Rejeki, S., & Machromah, I. U. (2018). Efikasi diri mahasiswa pada perkuliahan kalkulus integral. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 181–189. https://doi.org/10.21831/jrpm.v0i0.20271

Ulya, R., & Hidayah, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. UJMER:Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 178–183.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).