PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK WALISONGO BEKASI
(1) Universitas Panca Sakti Bekasi
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitaif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuisioner atau angket. Populasi dalam penelitian kali ini adalah peserta didik kelas X jurusan Akuntansi di SMK Walisongo Bekasi. Populasi dalam penelitian kali ini berjumlah 13 perserta didik kelas X jurusan Akuntansi di SMK Walisongo, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deksriptif dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Dari penelitian kali ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Dari hasil uji kolerasi antara media power point dengan minat belajar kognitif ada pada angka 0,797 yang dimana pada tabel interpretasi mencapai tingkat kuat. 2) Dari uji koefisien determinasi, diperoleh nilai Adjusted R Square sebanyak 0,603 yang merupakan pengaruh media power point terhadap minat belajar sebanyak 60,3%. Dapat disimpulkan bahwa pengunaan media power point dapat meningkatkan minat belajar siswa Sejarah Indonesia kelas X Akuntansi di SMK Walisongo Bekasi
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alida, J. (2021). Pemanfaatan Media Power Point Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP N 21 Kerinci. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61–80. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i1.92
Anand, J. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Survey pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XII Tata Boga di SMKN 15 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Arikunto, Suharsimi (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.
Badri, Syofyan (2012). Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Farida, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Statistika.
Herdiyanto, R. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS SD Negeri 2 Badransari Tahun Ajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Hevitullah, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 3 Palembang.[skripsi] (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167
Khaerunnisa, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu.
Nor, F. (2017). Analisis Penggunaan Rele Diferensial Sebagai Proteksi Pada Transformator Daya 16 MVA Di Gardu Induk Jajar.
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Santoso, B., Kasih, K., & Umar, S. A. (2020). Pengaruh Pengunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII Dan Kelas XI Di Pondok Pesantren Mafatih 1453 Bogor. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Zakiah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Tematik Di SDN 5 Riwang Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14029
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).