PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMPS IMANUEL BOJONG NANGKA

Win Fitry H. Lumbantoroun(1), Vella Anggresta(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi yang semakin berkembang, maka harus di imbangi dengan kualitas pendidikan. Faktor menunjang kualitas pendidikan adalah  baiknya kompetensiyang dimiliki guru dan adanya fasilitas belajar yang memadai. Penelitian ini bermaksud untuk melihat pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMPS Imanuel Bojong Nangka. Metode yang dipilih adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuisioner yang disebarkan secara online. Penelitian ini menghasilkan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pengujian secara parsialmenghasilkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPS Imanuel Bojong Nangka. Begitu juga fasilitas belajar siswa memiliki pengaruh yang terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPS Imanuel Bojong Nangka. Hasil uji F secara simultan membuktikan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar siswa berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPS Imanuel Bojong Nangka. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai 0,324, bahwa variabel kompetensi guru dan fasilitas belajar menghasilkan persentese sumbangan sebesar 32,4% ke prestasi belajar siswa dan  67,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti di sini

 


Keywords


Kompetensi Guru; Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andina, E. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204–220. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i2.1103

Anggresta, V. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Economica, 4(1), 19–29. https://doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.325

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 01(02), 1–20.

Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriani, P. S., & Sarino, A. (2017). Dampak Cara Belajar Dan Fasilitas Belajar Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal MANAJERIAL, 16(1), 163. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10584

Fikri, M., Zaki Ananda, M., Faizah, N., Rahmani, R., & Adelia Elian, S. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development , 9(1), 144–150. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.00

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru : sebuah kajian pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dampak dari Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 58, 215–220.

Kurniawan, C. (2017). Wawasan Pendidikan : Studi Komparatif Sistem Pendidikan Di Beberapa Negara Maju ( Korea Selatan dan Jepang).

Nur’Aeni, A. H. (2019). Profesi Kependidikan. Jakarta: Unindra Press.

Puspita, F. (2019). The Influence Of The Students Perceptions Upon Completion Facilities Learning And Teachers Pedagogic Competence Toward Economics Learning Achievement. 5(2), 91–101.

Rasam, F., Interdiana, A., Sari, C., Karlina, E., & Ekonomi, P. (2019). Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Jakarta Selatan. 6(1), 41–52.

Robbani, H., Vhalery, R., & Rachmania, A. (2022). The Influence of" Google Meet" Online Learning on Students' Learning Interest and Motivation. FOCUS, 3(1), 64-70.

Renol. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 1(1), 1–13. https://jurnal.uns.ac.id/jpim/article/view/19638/15450

Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatin, I., Lindiawatie, L., & Shahreza, D. (2022). Pengaruh Ketahanan Ekonomi Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Siswa Smk Yaspen Jakarta Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 8(1), 138. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11728

Wina, S. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” Pada Kesiapan Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215-225.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).