PENGEMBANGAN GREEN BEHAVIOR MELALUI PROGRAM FARMING GARDENING DALAM PEMBELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM FATHIA KOTA SUKABUMI)

Aeni Latifah(1*), Irma Muti(2), Mariana Panji(3), Eneng Yeni Mariah(4)

(1) Institut Madani Nusantara (IMN)
(2) Institut Madani Nusantara (IMN)
(3) Institut Madani Nusantara (IMN)
(4) Institut Madani Nusantara (IMN)
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini berkaitan dengan penurunan kualitas lingkungan yang disebabkan oleh perilaku manusia yang tidak memperhatikan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) atau pembangunan yang berwawasan lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui upaya pendidikan lembaga formal, yaitu mengintegrasikan IPS dengan pertanian dan hortikultura. Dengan menerapkan program bertani dan berkebun di sekolah, setiap siswa dapat menumbuhkan dan mengembangkan karakter hijau. Dalam proses pembelajaran IPS masih lebih mengarah pada efisiensi pengetahuan, sehingga perilaku siswa di sekolah masih tentang lingkungan sekolah, seperti membuang sampah sembarangan, mengumpulkan dan merusak tanaman, serta membiarkan air tidak terbuka setelah dicuci. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan perilaku hijau pada program pertanian dan hortikultura pada IPS di SD Islam Fathiya Kota Sukabumi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tindakan atau 3 siklus. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini diketahui bahwa terjadi peningkatan kinerja guru dalam proses belajar untuk mengembangkan green behavior melalui program farming and gardening

 


Keywords


Green Behavior; Farming; Gardening; IPS

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurrahman, Annas. (2016). Strategi Guru dalam Mencapai Profesionalisme Guru di SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2).

Adela, D. & Permana, Dede. (2020). Integrasi Pendidikan Lingkungan melalui Pendekatan Ecopedagogy dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(2), 17–26.

Afandi, Rifki. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108.

Aini, Desy C., & Siregar, Naek. (2016). Identifkasi Ketentuan Internasional tentang Pencemaran di Wilayah Perairan.

Doman, D. A. Y. (2018). Status Hukum Intergenerational Equity Principle (IGE) Dalam Konvensi Keanekaragaman Hayati (Convention On Biological Diversity (CBD)) 1992 Dan Implementasinya Di Indonesia.

Hidayat, R. & Wijaya, Candra. (2016). Ilmu pendidikan Islam: menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia.

Hidayati, H. & Supriyatna, Nana. (2011). Utilization of Liquid Smoke from Oil Palm Empty Fruit Bunches on Raw Rubber Processing. Biopropal Industri, 2(1).

Jazuli, A. (2015). Dinamika Hukum Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Dalam Rangka Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Rechts Vinding, Volume 4, No 2.

Meutia, Intan F. & Sujadmiko, Bayu. (2016). Interrelation Between Sambang and Koban.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Purba, D. W., Thohiron, Mochamad, Surjaningsih, Dwie Retna, Sagala, Danner, Ramdhini, Rizki Nisfi, Gandasari, Dyah, Wati, Cheppy, Purba, Tioner, Herawati, Jajuk, & Sa’ida, Ita A. (2020). Pengantar ilmu pertanian. Yayasan Kita Menulis.

Redhiana, Dheni. (2014). Pengembangan Kurikulum Pada Aspek Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Berbasis Lingkungan Hidup Melalui Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2).

Rosad, Ali Miftakhu. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.

Simarmata, Hengki Mangiring Parulian, Revida, Erika, Kato, Iskandar, Sari, Hijrayanti, Simatupang, Sudung, Sudarso, Andriasan, Faisal, Muhamad, Tjiptadi, Diena Dwidienawati, Sisca, Sisca, & Anggusti, Martono. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wulandari, Putri Aprilia. & Amalia, Nabila Agata. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Penanaman Kesadaran Lingkungan. FKIP E-PROCEEDING, 36–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).