EFEKTIVITAS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITALISASI

Hasmiza Hasmiza(1*), M. Nurul Humaidi(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Era digitalisasi membawa perubahan besar dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru dituntut mampu berinovasi menemukan gagasan, media serta alat pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi agar peserta didik tetap semangat dalam menerima materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan efektivitas youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digitalisasi. Jenis penelitian ini adalah library research (kepustakaan).  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media youtube dalam pembelajaran di era digitalisasi sangat efektif. Hal ini dikarenakan pembelajaran menggunakan media ini menimbulkan semangat dan respon yang baik bagi peserta didik dalam menerima materi yang disajikan. Tingkat efektifitas dapat dilihat melalui; 1) Efisiensi waktu, karena siswa bisa belajar mandiri tanpa batasan waktu dan tempat; 2) Kemudahan akses secara mandiri, cukup memiliki paket internet dengan harga terjangkau; 3) Banyaknya materi atau video tentang pembelajaran yang tersedia dan disajikan dengan jelas/rinci serta dengan konsep yang menarik/menyenangkan seperti berbentuk animasi dan ilustrasi yang relevan dengan perkembangan


Keywords


Efektivitas; Youtube; Media Pembelajaran; Digitaliasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aji, H. K., Hendro, F., & Putro, A. (2018). Youtube As A Learning Medium ( Communication Student Perceptions of Using Youtube Channels as an Alternative Medium of Learning in the Digital Age ). 2018, 276–283.

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Almoswai, F. R., & Rasyid, B. N. (2017). the Effectiveness of Using Youtube Video on Efl Iraqi College Students’ Performance in Grammar At Missan University. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(1), 391–402. https://doi.org/10.20319/pijss.2017.s31.391402

Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 07(01), 74–88. http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana

Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183

Cahyono, G., & Hassani, N. (2019). Youtube Seni Komunikasi Dakwah Dan Media Pembelajaran. Al-Hikmah, 13(1), 23. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1316

Chandra, E. (2018). Youtube, Citra Media Informasi Interaktif Atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 406. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.1035

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Dewi, M., Wardani, K. D. K., Suhatman, R., & ... (2021). Penerapan Video Animasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 4 di SD Al-Ittihad Pekanbaru. FLEKSIBEL: Jurnal …, 2(2), 45–52.

Ha, R. C., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., & S., A. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kegiatan Pembelajaran. Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 131–138.

Haryanto, S. A., Maulana, M. F., & Guchi, Z. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ittihadiyah Mamiyah Medan. Taushiah, 11(2), 74–92. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/article/download/3270/2233

Hasmiza, & Romelah. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Youtube Di Smp Nurul Jannah Natuna. Reseacrh and Development Journal of Education, 8(1), 354–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13153

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Lestari, R. (2017). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id

Prastiyo, W., Djohar, A., & Purnawan, P. (2018). Development of Youtube integrated google classroom based e-learning media for the light-weight vehicle engineering vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 53. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i1.17356

Rahayu, W. (2021). Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6150–6156. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1920/1699/3806

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Rahman, F. N., & Fakhruddin, A. (2021). Perancangan Video Berbasis Youtube sebagai Media Pembelajaran PAI. Taklim Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(2), 137. https://doi.org/https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim/article/download/40969/pdf

Rifai, A. (2018). Strategi kepala sekolah dalam implementasi pendidikan nilai di sekolah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jpai.1.1.1-10

Saputra, Y., & Fatimah, A. S. (2018). The use of TED and YOUTUBE in Extensive Listening Course: Exploring possibilities of autonomy learning. Indonesian JELT: Indonesian Journal of English Language Teaching, 13(1), 73–84. https://doi.org/10.25170/ijelt.v13i1.1451

Sistadewi, M. (2019). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 186–194. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/3500/pdf

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).

Supriyanto. (2018). Strategi Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 469–489. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/19

Ulum, M., & Mun`im, A. (2019). Digitalisasi Pendidikan Pesantren ( Paradigma dan Tantangan Dalam Menjaga Kultur Pesantren ). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 3(1), 664–670. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/279

Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).