IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKHLAK MENGGUNAKAN MULTIMETODE

Ibnopita Ibnopita(1*), Romelah Romelah(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan yang seharusnya menjadi ‘transfer of values’, terkadang justru menjadi ‘tranfer of knowledge’. Jika hanya seperti ini, maka generasi hanya menerima masalah, tetapi belum diuji dalam menerapkan nilai-nilai moral yang seharusnya, karena pendidikan moral sebenarmya bukan sesuatu yang hanya dihafal, tetapi lebih dari itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan akhlak menggunakan multimetode dan bagaimana hasil pelaksanaan pembelajaran pendidikan akhlak menggunakan multimetode. Metode pada penelitian ini menggunakan studi pustaka atau yang biasa disebut library research. Ada beberapa teknik dalam pembelajaran antara lain teknik ceramah, teknik tanya jawab, teknik diskusi, teknik cerita, teknik demonstrasi, teknik karyawisata, teknik tutorial, teknik perumpamaan, teknik pemahaman atau penalaran, teknik suri tauladan, teknik pringatan dan motivasi, praktek, teknik pemberian ampunan dan bimbingan, teknik kerja sama, teknik tulisan, teknik penugasan dan masih banyak metode-metode lain dalam melakukan pembelajaran. Mengenai langkah-langkah yang digunakan dalam pengaktualan pembelajaran pendidikan akhlak menggunakan multimetode adalah: 1) Aktivitas pendahuluan: dalam aktivitas pendahuluan dosen hendak menghasilkan kesiapan belajar mahasiswa serta menghasilkan atmosfer belajar yang demikratis serta membagikan motivasi kepada mahasiswa. 2). Aktivitas inti: dalam aktivitas inti dosen hendak mengantarkan modul pendidikan semacam mengantarkan data, melaksanakan umpan balik kepada mahasiswa sehingga proses belajar mengajar tidak dicoba dari satu arah saja.3). Penutup: dalam aktivitas penutup dosen hendak merangkum modul yang sudah dipelajari sehingga mendapatkan cerminan yang merata serta jelas tentang pokok-pokok perkara. Dalam menggunakan metode bisa dilakukan dengan memvariasikan metode-metode yang sesuai, maka proses belajar mengajar tidak sama dan menjemukan, tetapi ada timbal baliknya

 


Keywords


Akhlak; Implementasi Pembelajaran; Pendidikan Akhlak; Multimetode

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.

Fajri, Z., & Mukarromah, S. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47.

Fathurrohman, P., & Sutikno, S. (2017). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi pengembangan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–43.

Iqbal, R. M., & Iswantir. (2022). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa New Normal Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Arsyad Kelurahan Nankodok Kota Payakumbuh. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Martan, M. (2020). Konsep Akhlak Dan Metode Pembelajarannya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1), 58–75. https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1091

Maryance. (2016). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di STIK Bina Husada Palembang. Ta’Dib, 5(1), 71–75.

Rayamangsi. (2018). Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan kedisiplinan. 134–143.

Satiawan, Z., & Sidik, M. (2021). Metode Pendidikan Akhlak Mahasiswa. Mumtaz Karimun, 1(1), 53–64.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhendra, M. A. (2019). Penggunaan Multimetode Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah RSBI SMP Negeri 4 Kepanjen. 9–25.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).