IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 PULAU TIGA-NATUNA
(1) SDIT NIQ
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Nilai-nilai pendidikan karakter harus dikembangkan oleh peserta didik yang pada akhirnya akan ikut mencerminkan kehidupan bangsa Indonesia untuk menjawab tantangan atau problem sebuah bangsa, salah satu problem sebuah bangsa yang peneliti maksud adalah krisis nilai-nilai karakter di segala bidang. Adapun nilai-nilai karakter yang dimaksud dalam penelitian ini adalah 1) nilai agama) nilai karakter semangat kebangsaan, 4) karakter nilai tanggung jawab. Oleh karena itu, sekolah memainkan peran utama dalam pengembangan pendidikan karakter karena berfungsi sebagai pusat budaya melalui pendekatan pengembangan budaya sekolah. Penelitian dalam makalah penelitian ini berkaitan dengan implementasi pembentukan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pulau Tiga Natuna. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter bagi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Artinya penelitian ini berusaha mengungkap secara objektif dan sistematis fakta atau peristiwa yang berkaitan dengan perkembangan gejala yang menjadi fokus penelitian
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arfiariska, P. A., & Hariyati, N. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1).
Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095
Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1).
Khairusani, M. (2020). Seni Budaya sebagai Upaya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bernilai Estetika. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No.
Marunduri, A. W., & Wirdati, W. (2021). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum 2013. An-Nuha, 1(4). https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.129
Mata. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Bangsa. 135–147.
Mufidah. (2020). Evaluasi Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Kurikulum 2013. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies., V(1).
Nugraha, D. M. D. P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).
Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.
Saputra, A. (2021). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Perilaku Siswa SD. Edutainment, 8(2). https://doi.org/10.35438/e.v8i2.367.
Sholeh, M. M. A. (2018). Pola Penyimpangan Muslim Terhadap Ajaran Agamanya (Perspektif Pendidikan Islam). Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i1.2429.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).