IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI MEDIA FILM KISAH NABI DI SMPIT NIQ BUNGURAN TIMUR-NATUNA

M. Arif(1*), Romelah Romelah(2)

(1) SDIT NIQ
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media film kisah Nabi pada pembelajaran PAI kelas VIII SMPIT Natuna Insan Qurani dan hasilnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis narrative, dan lokasi penelitian di SMPIT Natuna Insan Qurani Bandarsyah - Bunguran Timur-Natuna. Informan penelitian ini adalah guru PAI dan 2 peserta didik laki-laki dan 2 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi penggunaan media film kisah Nabi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan beberapa langkah, di antaranya: 1) Peserta didik menonton film kisah Nabi secara utuh, 2) Guru meminta agar peserta didik menghubungkan film kisah Nabi dengan materi pembelajaran, 3) Guru memberikan pertanyaan atau kuis-kuis seputar film dan diberikan hadiah, 4) Guru menyimpulkan isi film kisah Nabi dan hubungannya dengan materi pembelajaran. (2) Hasilnya penggunaan media film kisah Nabi pada pembelajaran PAI meliputi : peserta didik semakin semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, merangsang peserta didik untuk belajar memecahkan masalah, serta memberikan pengalaman baru bagi mereka


Keywords


Media Pembelajaran; PAI; Media Pembelajaran PAI; Film Kisah Nabi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ernawati, E. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas V SDN Kalianget Timur X. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i2.59

Jafar, I. (2013). Wawasan Baru Dalam Pembacaan Ayat-Ayat Media Dakwah. Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 14(1).

Lusmedya, L., & Umar, T. (2016). Tokoh Idola Anak dalam Film “Riwayat Kisah Nabi Muhammad SAW” pada Akun YouTube Kartun Movie. Prosiding Jurnalistik, 2(1).

Maulina, O. H., & Imron, A. A.-M. (2015). Kritik Sosial dalam Naskah Drama Monolog Surat Kepada Setan Karya Putu Wijaya: Telaah Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal University Research Colloquium, 4.

Muhazir, A., M. Yunus, B., A. Fathurrohman, A., & Karmila, W. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(2). https://doi.org/10.51729/6239

Nugroho, S. H., & Ruliana, P. (2021). Kartun sebagai Media Komunikasi Visual Materi Ajar di Dunia Pendidikan. CARAKA : Indonesian Journal of Communications, 2(2). https://doi.org/10.25008/caraka.v2i2.60

Peday, Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah sebagai Pembelajaran Daring di TK Pertiwi VI Manokwari. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.498

Suciati, S. (2017). ‘DIVA THE SERIES’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENANAMKAN NILAI SOSIAL DAN KEAGAMAAN BAGI ANAK. JURNAL PENELITIAN, 11(1). https://doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2221

Surbakti, H., & Juwita, P. (2018). Penerapaan Metode Pembelajaran 4 M dan Media Animasi Film Kartun dalam Pembelajaran Dongeng SD Negeri 101958 Desa Kuala Lama Kec. Pantai Cermin Kab. Serdang Bedagai. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian.

Sutedjo, A. (2013). Implementasi dan Evaluasi Pembelajaran E-Learning Pada Mata Kuliah Geografi Transportasi dan Komunikasi Mahasiswa yang Memprogram di Semester Gasal Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Geografi, 11(21).

Widyahening, E. T. (2014). Film Sebagai Media dalam Pembelajaran Sastra. Widya Wacana, 9(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).