IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS MULTIMEDIA KELAS 1 SDN 001 RANAI KABUPATEN NATUNA

Lizawati Lizawati(1*), Romelah Romelah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan langkah- langkah penggunaan dan hasil  implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi pengenalan huruf hijaiyah berbasis multimedia di SDN 001 Ranai Kabupaten Natuna. Pendekatan penelitian ini ialah penekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, sedangkan lokasi penelitian ini di SDN 001 Ranai Kabupaten Natuna  dengan informan dalam penelitian ini guru PAI dan  peserta didik kelas 1. Penelitan ini dengan cara pengumpulan data serta menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah dari penggunaan multimedia huruf hijaiyah ketika pembelajran dikelas berlangsung meliputi: pendidik memutar audio visual tentang huruf hijaiyah dan peserta didik mendengarkan dan menirukan bacaan huruf hijaiyah secara bersama-sama, dilanjutkan guru membagi kartu  bertuliskan huruf hijaiyah dan peserta didik diminta untuk mengurutkan huruf hijaiyah mulai dari alif hingga yaa dengan maju ke depan kelas secara individu. (2) Hasil implementasi pembelajaran PAI pada materi pengenalan huruf hijaiyah berbasis multimedia menunjukan  peserta didik lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran dibanding menggunakan buku paket


Keywords


Implementasi; Pembelajaran PAI; Multimedia

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dini, L. A., Muryani, S., & Nisa, K. (2019). Aplikasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Sebagai Media Pembelajaran Anak. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(4), 334. https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1381

Imamah, N., & Ma’ruf, A. (2018). PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AQIDAH AKHLAQ DI MTs DARUL ULUM PURWODADI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 87–102.

Imran, Aswar, Pratiwi, A. dan S. A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran. Jurnal Penelitian dan Penalaran, 4, 701–711.

Lestari, D. Y., Kusnandar, I., & Muhafidin, D. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Terhadap Transparansi Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Secara Elektronik Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 180–193.

Lutfi, M. (2019). Model Pengembangan Multimedia Edutainment Untuk Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. Jurnal TRANSFORMASI, 15(1), 22–38.

Ramansyah, W. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Tema Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 3(1), 28–37. https://doi.org/10.21107/edutic.v3i1.2558

Yuniansyah, Y., & Saputra, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode 4-D. Jurnal MATRIK, 17(2), 45–56. https://doi.org/10.30812/matrik.v17i2.77




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).