PENGARUH METODE RESITASI APLIKASI FARAID BERBASIS ANDROID DAN METODE RESITASI MANUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Sri Baniah(1*), Mardianto Mardianto(2), Mahariah Mahariah(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh aplikasi faraid berbasis android dan metode resitasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di MAN 1 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel berjumlah 68 orang kelas XI MAN 1 Medan. Sesuai dengan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagi berikut: 1) Ada perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang belajar menggunakan aplikasi faraid berbasis android dengan siswa yang menggunakan metode belajar resitasi di kelas XI MAN 1 Medan dengan nilai sig sebesar 0,039 < 0,05 dengan nilai F sebesar 2,796 > 1,69. 2) Ada perbedaan kemampuan berfikir kritis pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah di kelas XI MAN 1 Medan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai F sebesar 16,488 > 1,69. 3) Ada interaksi hasil belajar siswa ditinjau dari kelas belajar dan kemampuan awal yang dimiliki siswa di kelas XI MAN 1 Medan dengan nilai sig. sebesar 0,003 < 0,05 dengan nilai F sebesar 1,733 > 1,69


Keywords


Aplikasi Faraid; Berbasis Android; Metode Resitasi; Kemampuan Berfikir Kritis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Assyafira, G.N. (2020). “Waris Berdasarkan Hukum Islam di Indonesia”, Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 8(1), 68-81. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/am/article/view/771.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Kamal, M. (2020). “Prinsip Keadilan Berimbang dalam Pembagian Harta Warisan Antara Anak Laki-laki dan Perempuan Perspektif Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman: Studi di Desa Kuwolu Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang”, Disertasi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/22545/.

Nizar, M. (2019). “Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah: Studi Kasus Pengajian Kitab Fathul Qorib di Madrasah Darul Hikmah Mojokerto”, Tesis. Universitas Islam Majapahit. http://repository.unim.ac.id/1158/.

Putri, R.N. (2020). “Analisis Yuridis Pembagian Harta Warisan Terhadap Anak Kandung Berbeda Agama dengan Pewaris (Putusan Pengadilan Agama Nomor: 3565/Pdt.G/2014/PA.JS) Berdasarkan Hukum Waris Islam”, Disertasi. Universitas Pelita Harapan. http://repository.uph.edu/id/eprint/6874.

Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).