PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS

Lailan Nahari Maha(1*), Siti Halimah(2), Rusydi Ananda(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalis prosedur pengembangan modul pembelajaran Al-Quran Hadits, (2) menganalisis kelayakan modul pembelajaran Al-Quran Hadits, dan (3) menganalisis efektivitas modul pembelajaran Al-Quran Hadits. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Dairi dengan subjek sasaran adalah siswa kelas VII. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi dan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk melihat kelayakan modul adalah analisis deskriptif sednagkan untuk melihat tingkat efektif digunakan analisis statistik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penilaian kelayakan ahli dari ahli bahasa diperoleh dengan rata-rata nilai 3,38. Dan dari penilaian ahli materi diperoleh nilai 85 dengan rata-rata 3,67. Sesuai dengan skor validasi 2.6 ? SV? 3.5 tersebut termasuk pada interpretasi “ baik, dapat digunakan tetapi sedikit revisi. Selanjutnyan keefektifan modul diliha dari adanya perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest. Rata-rata nilai yang diperoleh pada saat pretest yaitu 68,1% sedangkan pada saat posttest rata-rata nilai yang diperoleh oleh 29 siswa adalah 88,1%. Dengan demikian persentasi nilai hasil belajar siswa dari pretest ke posttests meningkat sebanyak 20%


Keywords


Pengembangan; Modul Pembelajaran; Al-Quran; Hadits

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiono, A. E. (2016). No Title. Jurnal Pendidikan Fisika FMIPA UNNES Indonesia, 12(2).

Danisa, Valen Sari, S. dan W. S. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Brain Based Learning disertai Vee Diagam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif,. diakses tanggal 14 Juli 2022.

Fatimah, S. (2017). Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas IV SDN Warugunung I Surabaya Semester 1. Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Khoiruddin, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Inquiry pada Materi Interaktif Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Jurnal: BIOEDUKASI, 7(2).

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Rahmi, L. (2015). Modul Pembelajaran dan Instrumen Penilaian pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengembangan Berkelanjutan Berbasis Kurikulum 2013 untuk Siswa Kelas XI IPS. Tesis.

Sagala, S. K. dan M. P. U. M. M. P. B. dan M. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta.

Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Universitas Gajah Mada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2105). Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri BatuBasa, Tanah Datar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 2(2).

Wetoni, J. A., dkk. (2018). Pengembangan Paket Modul Cetak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk siswa SMA Negeri 1 Wangi-wangi Kaupaten Wakatobi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(20).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).