ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMPN 20 BEKASI)

Aulia Nurul Rosyidah(1*), Ismeirita Ismeirita(2)

(1) Panca Sakti University
(2) Universitas Panca Sakti Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Media sosial sebagai salah satu bentuk dari pesatnya perkembangan internet menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan saat ini. Peserta didik dikalangan remaja sebagai pengguna media sosial pasti sudah akrab sekali dengan teknologi internet, dimana mereka akan sangat mudah untuk mengakses apapun yang mereka ingin ketahui melalui fitur-fitur yang ditawarkan smartphone. Maka dari itu pengaruh media sosial terhadap perkembangan karakter remaja sangat memungkinkan, pembentukan karakter bagi peserta didik merupakan modal masa depan suatu negara. Penelitian ini dilakukan di SMPN 20 Bekasi dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penggunaan media sosial dalam perkembangan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan bentuk kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah remaja memiliki fasilitas yang mendukung mereka dalam menggunakan media sosial sehingga dampak dan manfaat dari media sosial dapat mereka rasakan, baik yang positif maupun negatif. Peran sekolah maupun keluarga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter remaja. Meskipun begitu pengendalian diri yang dilakukan oleh para peserta didik juga harus ditingkatkan agar mereka mampu untuk mengelola media sosialnya agar berguna untuk perkembangan diri mereka sendiri


Keywords


Media Sosial; Karakter; Peserta Didik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Menjadi Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. JPII. 2(2), 221-236.

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 10(1), 33-48.

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. (2016). Pemakaian Media Sosial dan Self Concept Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MINAHASA. 5(1), 30-41.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED. 7 (2), 13-23.

Ihsan, M. (2016). Pengaruh Terpaan Media Internet dan Pola Pergaulan Terhadap Karakter Peserta Didik. Tsamrah Al-Fikri. Vol. 10, 103-120.

Iskandar, D., & Isnaeni, M. (2019). Penggunaan Internet Di Kalangan Remaja Di Jakarta. COMMUNICARE: Journal of Communication Studies. 6(1), 57-72

Jemadu, L., & Prasetya, D. (2022). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Url: https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna- media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022.

Koni, S. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4(2), 37-43.

Rithika, M., & Selvaraj, S. (2013). Impact Of Social Media On Student’s Academic Performance. Pezzotaite Journals International Journal of Logistics & Supply Chain Management Perspectives. 2(4), 636-640.

Rosyidah, F. N., & Nurdin, M. F. (2018). Perilaku Menyimpang: Media Sosial Sebagai Ruang Baru Dalam Tindak Pelecehan Seksual Remaja. SOSIOGLOBAL : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi. 2 (2), 38-48.

Siahaan, C., Laia, A. P., & Adrian, D. (April 2022). Studi Literatur: Media Sosial “TIKTOK” dan Pembentukan Karakter Remaja. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia. 7(4), 4939-4949.

Sudjana, N., & Ibrahim. (1985). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).