KONSEP PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MODEL PENDIDIKAN “RASULULLAH SEBAGAI ROLE MODEL PENDIDIK”
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(4) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam yang menguak model pendidikan yang ditunjukkan oleh Rasulullah baik itu strategi, metode, dan sikap yang terbaik sehingga beliau dapat dijadikan sebagai role model pendidik. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis narrative, dan metode penelitian ini adalah library research studi Pustaka, peneliti melakukan analisis terhadap berbagai sumber atau referensi seperti buku-buku, jurnal-jurnal atau topik-topik terkait guna untuk menelaah konsep pendidikan yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW. Dalam menganalisis data, peneliti mengggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Setelah peneliti mendapatkan referensi-referensi yang peneliti harapkan, peneliti akan menyimpulkan beberapa konsep yang digunakan oleh Rasulullah SAW baik itu strategi, metode, dan sikap yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW sebagai seorang pendidik manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW sangat berhasil dalam mendidik dengan konsep pendidikan Islam dengan strategi, metode, dan sikap yang beliau tunjukkan, hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa prestasi yang dicapai oleh para sahabat
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
AM, R. F. (2020). Karakteristik Nabi sebagai Pendidik Paripurna Perspektif Hadis. Itqan, 11(1).
Anas, N. (2017). Rasulullah Sebagai Pendidik Profesional. Pendidikan Islam, Vol 1(No 2).
Arief, A. (2005). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa.
Arsyad, J. (2015). Karakteristik Rasulullah Sebagai Pendidik Perspektif Sirah Nabawiyah. Jurnal Itqan, VI(2).
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Huda, S., & Afrina, F. (2020). Rasulullah Sebagai Role Model Pendidik. journal of islamic Education, 1(1).
Husin, G. I. (2018). Pemikiran Tentang Sistem dan Kelembagaan Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah Pada Periode Mekkah dan Periode Madinah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.11
Irwansyah, M., Nasution, M. D., & Afrida, A. (2019). Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Sistem Pendidikan Perspektif Hadits Nabawi. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(2).
Maisyaroh, M. (2019). Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4079
Mukhlish, M. (2019). Pendidik dalam Perspektif Hadits Rasulullah SAW. Jurnal Sains Riset, 9(1). https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.54
Omar, M., Shamli, N., & Shahid, S. M. (2014). Metodologi Pengajran dan Pembelajaran menurut Perspektif Islam: Kebitaraan Pendekatan Rasulullah SAW sebagai Pendidik. Konvensyen Kebitaraan Junjungan Mulia (INSAN2014), 1-17.
Rubini, R. (2019). Metode Pembelajaran Berbasis Hadis. Humanika, 18(1). https://doi.org/10.21831/hum.v18i1.23127
Srifariyati, S. (2020). Metode Pendidikan dalam Pandangan As-Sunnah. Madaniyah, 10(2), 205-224.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, A. H. (2021). Pola Pendidikan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Sebagai Pendidik Ideal. Education and Learning Journal, 2(2). https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.114
Suriadi. (2017). Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02).
Wahidi, R. (2016). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Islam Terpadu. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i1.89
Yuniendel, R. K., & Nelwati, S. (2019). Meneladani Rasulullah SAW sebagai Pendidik yang Memudahkan. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.324
Zulherma, Z., Tafiati, T., Sumiarti, S., & Wendry, N. (2021). Konsep Pendidikan Rasulullah dan Refleksi Kompetensi Holistik Sahabat. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.909.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).