HUBUNGAN STATUS SOSIAL ORANG TUA DENGAN MASALAH KESEHATAN MENTAL MEMBIMBING ANAK PADA MASA PANDEMI

Dea Raisa Amina(1*), Rahmiati Rahmiati(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Status sosial orang tua mempengaruhi sikap mereka dalam membimbing anak-anak mereka. Tujuan dari penelitian ini yaotu untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara status sosial orang tua dengan kesehatan mental dan bagaimana orang tua membimbing anaknya selama masa pandemi di SDIT AS-SUNNAH Dusun Citeureup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status sosial orang tua dengan kesehatan mental dalam membimbing anak selama pandemi di SDIT AS-SUNNAH di Dusun Citeureup. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif Korelasi Product Moment. Sampel diambil secara acak dari kelompok 34 wali murid SDIT AS-SUNNAH. Kuesioner status sosial dan kesehatan mental yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari 34 wali murid terdapat 21 wali murid dengan status sosial rendah dan 21 wali murid dengan kesehatan mental membimbing anak ringan, kemudia di uji korelasi pearson di dapatkan hasil korelasi sebesar 0.105 dan p = 0,553 > ?, maka tidak terdapat hubungan. Artinya, tidak terdapat hubungan antara status sosial dengan kesehatn mental membimbing anak pada masa pandemi


Keywords


Status Sosial; Kesehatan Mental; Korelasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Batoebara, M. U., & Hasugian, B. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Komunikasi Pembelajaran Daring.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Dewi, K. S. (2012). Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Manda, D., & Suardi, S. (2017). Status Sosial Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2), 194–202. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.501

Maniku. (2014). hubungan kebahagiaan dengan status sosial pada keluarga dikelurahan tanjung batu. jurnal e-biomedik.

Ridlo, I. A. (2020). Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 155–164. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.155-164

Sudarsono. (1990). Pengukuran Status Sosial Ekonomi dan Permasalahannya. Jurnal Populasi Nomor 2, 23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).