ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MAN 1 MEDAN

Haidir Haidir(1*), Nirwana Anas(2), Wildan Murtadho(3), Rizka Amalia Rahmadhani(4), Riki Irawan(5)

(1) Magester PAI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(2) Magester PAI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(3) Magester PAI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(4) Magester PAI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses yang dilakukan oleh pendidik dalam suatu RPP adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, kemudian merumuskan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran, metode evaluasi pencapaian tujuan tersebut, materi yang akan diberikan dan metode komunikasi. Persiapan alat dan media yang digunakan. Banyak yang saat ini sedang dipelajari secara paralel tanpa menggunakan berbagai strategi dan media yang mendukung pembelajaran itu sendiri. Artikel ini membahas tentang analisis perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN 1 Medan. Metode penelitian mendalam yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik penelitian lapangan di MAN 1 Medan. Hasil yang ditemukan dalam RPP adalah pertama penyusunan bahan, perumusan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, alat atau bahan yang digunakan. Dalam pelaksanaannya, guru hadits unggul dalam mengaji dengan skor 80% dalam kategori baik. Ini termasuk kegiatan pra-pembelajaran, kegiatan belajar dasar, dan kegiatan penyelesaian


Keywords


Planning; Implementation; Learning; Al-Qur’an Hadis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Mustaqim, Abdul. (2010). Epistemologi tafsir kontemporer. LKiS.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Permendiknas Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku. Permendiknas, 2.

Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01), 198–226. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim

UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 18 Kemendiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).