STRATEGI GURU PAI DALAM MENDISIPLINKAN PESERTA DIDIK DI SDIT NATUNA INSAN QURANI KABUPATEN NATUNA
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru pai dalam mendisiplinkan peserta didik melalui kegiatan sholat dhuha berjamaah di SDIT NIQ Kabupaten Natuna dan hasilnya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sedangkan lokasi penelitian ini di SDIT NIQ Kabupaten Natuna dengan informan guru PAI beserta 6 peserta didik kelas 3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan kompresi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mendisiplinkan peserta didik melalui sholat dhuha berjamaah dengan langkah-langkah sebagai berikut : peserta dididk diarahkan ke tempat wudhu, dilanjutkan berkumpul di ruang sholat untuk melaksankan sholat dhuha, peserta didik diminta untuk berdiri dan menyusun shaf secara rapi, sholat dhuha berjamaah di mulai sebanyak 2 rakaat, sesudah selesai sholat peserta didik bersama dengan guru PAI menuju kelas untuk segera melaksanakan pembelajaran. (2) Hasil mendisiplinkan peserta didik melalui kegiatan sholat dhuha berjamaah menunjukkan bahwa peserta didik sudah mulai bisa menjaga waktu disiplin, sehingga ketika waktu sholat duha peserta didik langsung berwudhu dan menuju tempat sholat (musolla) yang sudah di tentutukan
STRATEGI GURU PAI DALAM MENDISIPLINKAN PESERTA DIDIK DI SDIT NATUNA INSAN QURANI KABUPATEN NATUNA
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afriyani, D. (2019). Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 01 Boyolali Tahun Pelajaran 2018 / 2019. 11.
Cikka, H. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.45
Firmansyah, Iman M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.
Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906
Isnaini, F., & Taufik. (2016). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33–42. https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/1842
Putra, P., & Putri, H. (2019). Implementasi Guru Pai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(2), 233. https://doi.org/10.32934/jmie.v3i2.111
Rohman, T. dan deni setyadi N. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI Di SMK Diponegoro Salatiga. Tarbawi, 05(02), 162–176.
Salouw, J. H., Suharno, S. S., & Talapessy, R. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kasus Di SMA 1 Wonreli Maluku Barat Daya). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(3), 380. https://doi.org/10.22146/jkn.61168
Samrin, S. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Shautut Tarbiyah, 27(1), 77. https://doi.org/10.31332/str.v27i1.2895
Wali, K. (2021). Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Kelas Vii Smp Persiapan Tomi – Tomi Kecamatan Waesala Kabupaten Seram Bagian Barat. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 25. https://doi.org/10.33477/kjim.v1i2.2056
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).