PENGARUH REGULASI KEPSEK DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI 5 SMAN KABUPATEN BIREUEN ACEH

Fazli Fazli(1), Amiruddin Amiruddin(2*), Marwan Marwan(3), Teuku Salfiyadi(4)

(1) Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh
(2) Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh
(3) Universitas Al-Muslim Bireuen, Aceh
(4) Kemenkes Aceh
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peraturan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, dan pengaruh peraturan kepala sekolah dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara naratif menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di lima SMA Negeri Bireuen ada pengaruh peraturan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh media pembelajaran terhadap siswa kinerja di lima sekolah SMA Negeri Bireuen, dan ada pengaruh yang signifikan antara pesanan utama dan media pembelajaran guru terhadap kinerja siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan pada strata satuan pendidikan yang bertanggung jawab penuh terhadap mutu pendidikan dan juga kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah juga merupakan sosok yang harus menjadi panutan bagi setiap orang di lingkungan sekolah; 2) Media pembelajaran adalah media kreatif yang digunakan untuk membekali siswa dengan materi pendidikan agar proses belajar mengajar lebih menyenangkan, merangsang keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar, bahkan mempengaruhi psikologis siswa


Keywords


Regulasi Kepala Sekolah; Media Pembelajaran; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardiansyah, B. (2011). Berprestasi Tujuan Hidupku. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asyhar, H. R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Cahyono, Y. (2017). Menapaki Potensi Kepemimpinan Calon Kepala Sekolah/Madrasah. Aqeela Cipta Media: Sukoharjo.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar. Yogyakarta: Budi Utama.

Darmadi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan. Yogyakarta: Budi Utama.

Ditjen Mandikdasmen 2002. Tentang Surat Edaran Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fahrudin, Adi Arif (2015). Tesis. Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Media Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Negeri Sumberlawang Kabupaten Sragen. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Fathurrohman, P. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rafika Aditama.

Firdianti, Arinda. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Lampung: Gre Publishing.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Putaka Setia.

Handoko, T, Hani. (2009) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Alam. Budi Utama.

Harapan, E. (2018). Pembiayaan Pendidikan. Palembang: Noer Fikri Offset.

Hendarman. (2015). Revolusi Kinerja. Jakarta: Indeks Permata Putri Media.

Jamali, A. (2013). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadyah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 1. No. 1.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: PT.Gung Samudra.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Marsetyaningsih, H. (2014). Kegemaran Membaca di Perpustakaan dan Prestasi Belajar Anak. Sukoharjo Jawa Tengah: Panembahan Senopati Garda Depan Budaya Indonesia.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurcahyo, Prasetyo Adi. 2016. Tesis. Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil Belajar siswa mata pelajaran kelistrikan mesin dan konversi Energi di SMKN 2 Depok. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak Dipublikasikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Pribadi, B. A. (2011). Model Assure Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Pustekkom Dibud dan PT RajaGrafindo Persada.

Setat, K. (2018). Tesis. Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Efektivitas Sekolah di SDN Kecamatan Raja Basa Bandar Lampung.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Taja Grafindo Persada.

Sudjana. (2015). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemprograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grou




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).