IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL–QURAN BERBASIS METODE UMMI DI SMP AL–FURQAN JEMBER

Yunus Yunus(1*), Romelah Romelah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Pembelajaran Ummi merupakan metode baru untuk pembalajaran Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Al-Quran dengan menggunakan metode Ummi. Metode Ummi di SMP Al Furqan Jember telah dilaksanakan dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, yang hasilnya dapat dilihat dari perubahan membaca dan menghafal siswa yang sangat baik dan pesat. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Alfurcan Jember dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenisnya antara lain survei lapangan atau survei lapangan bila terkait dengan pelaksanaan pendataan. Metode pengumpulan data adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan cross check dengan teknik triangulasi, dan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dalam mengumpulkan data kami mengadakan wawancara dengan Kepala sekolah, Guru Al-Quran dan siswa. Hasil survei mengungkapkan metode pengajaran yang digunakan oleh guru mata pembelajaran Al-Quran SMP Al furqan Jember adalah individual, yaitu cara menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung obyeknya, atau caranya melakukan sesuatu, atau menunjukkan prosesnya. Klasikal baca simak merupakan metodologi yang relevan untuk menjadi pengantar dan diterapkan untuk menjelaskan tentang konsep-konsep/pengertian-pengertian. Klasikal baca simak murni, cara menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung obyeknya, atau caranya melakukan sesuatu, atau menunjukkan prosesnya


Keywords


Metode Pembelajaran; Ummi; Tahfidz Al-Quran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anshori. (2013). Ulumul Quran. Depok: Rajawali Press.

Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa di SMPIT Anni’mah Margahayu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.137

Fauzi, H. N., & Waharjani, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2). https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1831

Firdaus, A. (2021). Eksistensi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Tahsin Al-Quran Di SMP It Abata Lombok. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(02). https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v6i02.40

Hernawan, D. (2019). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1). https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751

Mujahidin, E., Daudin, A., Nurkholis, I. I., & Ismail, W. (2020). Tahsin Al-Qur’an untuk orang dewasa dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1). https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216

Munawaroh, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darussalam Sangatta Kutai Timur. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(1). https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.538

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170

Nilawati, I., Sahudi, S., Ruswandi, U., & Erihardiana, M. (2021). Penerapan Pendidikan Multikultural. Jambura Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.567

Nugraha, D. (2020). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI NDONESIA. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2). https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809

Purwaka, S. (2017). Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta Ii Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat Yogyakarta ( Studi Komparasi Metode Iqra ’ Dan Metode Ummi ). Jurnal Pendidikan Agama Islam, XIV.

Rifa’i, A. (2018). Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27

Sholihah, A. U., Suhendra, C. D., & Rianto, P. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Pencapaian Materi dan Absensi Murid di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Manokwari menggunakan Metode Prototype. INFORMAL: Informatics Journal, 6(3). https://doi.org/10.19184/isj.v6i3.21963

Thoyyibatul, A. (2016). Analisis isi buku pelajaran membaca al-Quran “Iqra’ dan Qiraati dan Ummi. In SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM (Vol. 0, Issue 0).

Umam, M. I. (2018). Implementasi Metode Ummi Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Di TPQ Sirojudin Tulangan Sidoarjo. Universitas MUhammadiyah Sidoarjo, 1.

Zaini, A. A. (2013). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran. Jurnal Ummul Qura, 3(2), 40–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).