IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL–QURAN BERBASIS METODE UMMI DI SMP AL–FURQAN JEMBER
(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Metode Pembelajaran Ummi merupakan metode baru untuk pembalajaran Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Al-Quran dengan menggunakan metode Ummi. Metode Ummi di SMP Al Furqan Jember telah dilaksanakan dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, yang hasilnya dapat dilihat dari perubahan membaca dan menghafal siswa yang sangat baik dan pesat. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Alfurcan Jember dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenisnya antara lain survei lapangan atau survei lapangan bila terkait dengan pelaksanaan pendataan. Metode pengumpulan data adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan cross check dengan teknik triangulasi, dan analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dalam mengumpulkan data kami mengadakan wawancara dengan Kepala sekolah, Guru Al-Quran dan siswa. Hasil survei mengungkapkan metode pengajaran yang digunakan oleh guru mata pembelajaran Al-Quran SMP Al furqan Jember adalah individual, yaitu cara menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung obyeknya, atau caranya melakukan sesuatu, atau menunjukkan prosesnya. Klasikal baca simak merupakan metodologi yang relevan untuk menjadi pengantar dan diterapkan untuk menjelaskan tentang konsep-konsep/pengertian-pengertian. Klasikal baca simak murni, cara menyajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung obyeknya, atau caranya melakukan sesuatu, atau menunjukkan prosesnya
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anshori. (2013). Ulumul Quran. Depok: Rajawali Press.
Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa di SMPIT Anni’mah Margahayu. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.137
Fauzi, H. N., & Waharjani, W. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Ummi Bagi Siswa SDIT Salsabilla Sleman. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2). https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1831
Firdaus, A. (2021). Eksistensi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Pembelajaran Tahsin Al-Quran Di SMP It Abata Lombok. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(02). https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v6i02.40
Hernawan, D. (2019). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1). https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751
Mujahidin, E., Daudin, A., Nurkholis, I. I., & Ismail, W. (2020). Tahsin Al-Qur’an untuk orang dewasa dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1). https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216
Munawaroh, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darussalam Sangatta Kutai Timur. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(1). https://doi.org/10.21093/sy.v4i1.538
Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.170
Nilawati, I., Sahudi, S., Ruswandi, U., & Erihardiana, M. (2021). Penerapan Pendidikan Multikultural. Jambura Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/jjem.v2i1.567
Nugraha, D. (2020). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI NDONESIA. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2). https://doi.org/10.26418/jppkn.v1i2.40809
Purwaka, S. (2017). Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta Ii Dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Khairaat Yogyakarta ( Studi Komparasi Metode Iqra ’ Dan Metode Ummi ). Jurnal Pendidikan Agama Islam, XIV.
Rifa’i, A. (2018). Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27
Sholihah, A. U., Suhendra, C. D., & Rianto, P. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Pencapaian Materi dan Absensi Murid di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Manokwari menggunakan Metode Prototype. INFORMAL: Informatics Journal, 6(3). https://doi.org/10.19184/isj.v6i3.21963
Thoyyibatul, A. (2016). Analisis isi buku pelajaran membaca al-Quran “Iqra’ dan Qiraati dan Ummi. In SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM (Vol. 0, Issue 0).
Umam, M. I. (2018). Implementasi Metode Ummi Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Di TPQ Sirojudin Tulangan Sidoarjo. Universitas MUhammadiyah Sidoarjo, 1.
Zaini, A. A. (2013). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran. Jurnal Ummul Qura, 3(2), 40–48.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i1.13744
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).