EFEKTIVITAS MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author
Abstract
Manusia disebut sebagai makhluk sosial. Dapat dilihat dari bagaimana manusia berinterkasi dengan manusia-manusia lainnya dilingkungan sekitar. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang mempengaruhi satu dan lainnya. Media ular tangga diharapkan dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran agar tercipta interaksi sosial yang baik bagi siswa. Dampak dari pandemi yang sedang terjadi saat ini juga sangat mempengaruhi interaksi sosial pada siswa. Selama pandemi berlangsung siswa melakukan pembelajaran dari jarak jauh, dari tempat tinggal masing-masing. Sehingga mereka hampir tidak pernah berinteraksi secara langsung selama masa pandemi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat apakah media ular tangga efektif dalam meningkatkan interaksi sosial pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian yakni 10 siswa SMAN 1 Tenjolaya yang diambil secara purposive sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan pre test post test. Peneliti membuat media ular tangga yang didalamnya meliputi pemahaman terkait interaksi sosial. Hasil dari penelitian ini diperoleh data media ular tangga dapat meningkatkan interaksi sosial
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Monks, F. J., Knoers, A. & H. S. (2003). Psikologi Pekembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Gajahmada University Press.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Yusnadi, susani sani &. (2014). Dinamika Kelompok. unimed express.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).