PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD

Elga Arum Wuriyana(1*), Muhib Rosyidi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini bermaksud menguji kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi quizizz, untuk pelajaran IPS materi keindahan keanekaragaman budaya di negeriku ditujukan kepada kelas IV SDN Grogol 05 Jakarta Barat. Diharapkan media pembelajaran audio visual berbasis quizizz akan mewujudkan kondisi belajar yang bermakna dan menarik bagi siswa. Metodologi dalam riset ini adalah pendekatan research and development (R&D) berupa model pengembangan ADDIE. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan melaksanakan penelitian media. Model ADDIE menggunakan beberapa tahapan, antara lain analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dari hasil penelitian menunjukan persentase dari validator media adalah 90% termasuk mutu sangat layak, sedangkan persentase dari validator materi adalah 80%, dan pakar pendidikan adalah 97% termasuk kategori sangat layak. Respon siswa tes kelompok kecil adalah 93% dalam kategori sangat setuju dan pada kelompok besar 92% dalam kategori sangat setuju. Dengan demikian, dapat dikatakan pembelajaran audio visual berbasis aplikasi quizizz sangat cocok sebagai media pembelajaran


Keywords


Pengembangan; Media Pembelajaran; Audio Visual; Quizizz; R&D

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andrews. (2016). Konsep Dasar Visualisasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Husein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605

Massang, B., Kindangen, M., & Tulung, J. M. (2022). Media Audio Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 337–343. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.2050

Optiana, N., & Muchlas. (2019). Pengembangan Panduan Penilaian Berbasis E-Portofolio Menggunakan Edmodo Dalam Pembelajaran Praktikum Fisika Untuk Sekolah Menengah Atas. Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 1–5. https://doi.org/10.12928/jrkpf.vxix.xxxx

Rifmasari, Y., Zein, R., & Anggraini, V. (2022). The Effect Of Audio Visual Media On The Ability To Count Of Kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2777–2784. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1665

Rindawati, T., Thamrin, L., & Lusi, L. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Sd Lkia. , 9(1), . Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 1–10.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Ulfa, Y., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3131–3144. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1235

Wati, S. P. (2016). Ragam media pembelajaran : visual-audio visual-komputer-power point-internet-interactive video (A. Jarot (ed.)).

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).