KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DALAM MENGELOLA KELAS DI SDN 006 BANDARSYAH BUNGURAN TIMUR – NATUNA

Anasri Anasri(1*), Romelah Romelah(2)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi professional guru PAI dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas dan hasilnya (kognitif, afektif, psikomotorik) peserta didik kelas 3 di SDN 006 Bandarsyah. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sedangkan lokasi penelitian di SDN 006 Bandarsyah–Bunguran Timur–Natuna dengan informan guru PAI dan 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Komptensi propesional guru PAI menunjukkan hasil pembelajaran peserta didik sudah melewati batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesr 75 (2) Hasil belajar peserta didik dapat di lihat dari sisi kognitif menunjukkan nilai ujian akhir sekolah (UAS) 80, sedangkan afektif peserta didk dalam pelaksanaan pembelajaran memiliki sikap yang baik, seperti meminta izin ketika menyampaikan pendapat atau bertanya. dan secara psikomotorik siswa memiliki kepedulian yang tinggi dalam membantu teman saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran

 


Keywords


Kompetensi; Guru PAI; Mengelola Kelas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, M. Y., & Siregar, B. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 21–45. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446

Asbar, A. M. (2018). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 39 Bulukumba. 12(1), 89–112.

Burhanudin. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Motivasi Belajar Siswa. 3(1), 120–138.

Chairunnisa, S. T. N. (2021). Kompetensi, Kepemimpinan, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Human Resources And Facilty Management Directorate. Media Bisnis, 12(2), 127–132. https://doi.org/10.34208/mb.v12i2.917

Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Nur, R., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. 3(4), 439–446.

Darman, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. 1(2), 163–176.

Dewi, Dyah W. (2014). Pengelolaan kelas yang efektif. 61–67.

Idhar. (2018). Profesionalisme guru pendidikan agama islam dalam menanamkan akhlak mulia peserta didik. 314–328.

Lubis, S. (2017). Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru ( KKG ). 2(2).

Muchith, M. S. (2016). Guru Pai Yang Profesional. 4(2), 217–235.

Nur, A. A. (2014). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar yayasan mutiara gambut. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 65–831.

Rohmah, S. (2018). Kompetensi Guru Agama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Misykat al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, 1(1), 1–13.

Sholichah, A., Supratno, H., & Siswanto, M. B. E. (2020). Pengaruh Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. 4(September), 1033–1039.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).