EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD DALAM MENIGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK

Rahmad Dwi Muharis(1), Cici Yulia(2*)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Self control sangat penting bagi peerta didik, agar tidak terjadinya penyimpangan yang terjadi di sekoolah maupun di luar sekolah. Tujuan penelitian ini yakni guna mengukur efektivitas pemakaian media flashcard  guna meningkatkan pemahaman self control peserta didik. Adapun penelitian ini memakai analisis pre-eksperimen seperti one-group pre-test dan posttest design. Instrumen dalam penelitian, memakai angket dengan 21 item pertanyaan untuk mengukur efektivitas media flashcard untuk meningkatkan pemahaman mengenai self conrol. Teknik pengambilan sampel dalam analisis ini  memakai purposive sampling dimana jumlah sampelnya 10 orang siswa kelas VIII SMPN 148 Jakarta. Pada nilai pre test mendapatkan nilai mean = 45,40 dan pada post test diperoleh nilai mean = 58,10. Hal ini menunjukan bahwasanya ada  perbedaan dintara hasil pre-test dan post-test. Uji hipotesis, memakai uji kolmogorov smirnov dengan hasil 0,200.>.0,005 yang berarti nilai.residual berdistribusi normal. Kemudian, dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai Zhitung 2,812  > Ztabel 1,960 dan nilai.asymp. Sig (2-tailed) ialah 0,005 < 0,05 yang menerangkan bahwasanya Ho.ditolak dan Ha diterima. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil diantara sebelum serta sesudah diberikan media flashcard. Hal ini terlihat bahwasa penggunaan media flashcard efektif saat meningkatkan pemahaman self control peserta didik


Keywords


Efektivitas; Flashcard; Self Control

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharaimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Dira, D. S. (2013). PERANAN KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA REMAJA BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN DI SAMARINDA. 1(June), 185–191.

Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282

Jordan, W. G. (2011).The Kingship of Self Control.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Madyawati, L., Zubadi, H., & Yudi, D. (2016). The Development of Multiple Intelligence Based Play Therapy Media for Children After the Disaster in Central Java. The 4th University …, 17–29.

Masjkur, M. (2018). Metadata, citation and similar papers at core.ac.u 1. Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2018), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf

Ningsih, F. W., Muslihati, M., & Hidayah, N. (2021). Keefektifan Pelatihan Kontrol Diri Siswa SMP Melalui Permainan Cublak-Cublak Suweng. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1379. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14064

Ningsih, R. (2018). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Disiplin Remaja. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 2(2), 0–4.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).