EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ECITE (ELECTRONIC COUNSELING IN TELEGRAM) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya self-efficacy siswa di masa pandemic Covid-19, dengan diterapkan pembelajaran jarak jauh siswa diminta untuk bisa mempelajari materi pembelajaran secara mandiri dan dapat meningkatkan penggunaan teknologi saat ini, tetapi fasilitas yang kurang mendukung untuk pembelajaran jarak jauh ini mengakibatkan siswa sulit dalam mengerjakan tugas ataupun ujian yang telah diberikan oleh guru. Dampak dari sarana yang kurang mendukung tersebut menjadikan siswa ada perasaan cemas akan hasil tugas atau ujian yang diterima. Memiliki self-efficacy yang tinggi juga mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengerjakan tugas. Namun pada kenyataannya siswa seringkali menunjkkan self-effiacy yang rendah ketika menghadapi pembelajaran, tugas maupun ujian. Karena sulitnya konseling secara langsung membuat siswa tidak dapat menceritakan permasalahannya. Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas media ECITE (Electronic Counseling In Telegram) untuk meningkatkan self-effiacy siswa. Desain penelitian ini memakai pre-eksperimental serta menggunakan metode pre test- posttest one group design. Pengambilan sampel memakai teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket dengan model skala likert. Analisis penelitian ini memakai uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini membuktikan telihat adanya perbedaan self-efficacy siswa sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan melalui media ECITE (Electronic Counseling In Telegram).
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adiputra, S. (2015). Keterkaitan Self Efficacy dan Self Esteem terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa [The correlation between Self Efficacy and Self Esteem towards Student Learning Achievement]. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 151–161. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus
Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 15–22.
Dotulong, L., & Salangka, R. (2015). Pengaruh Self Efficacy, Self Esteem Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Pln (Persero) Wilayah Suluttenggo. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 562–572.
Kusuma, Y. W., Sulianto, J., & Purnamasari, V. (2018). Keefektifan Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas. Mimbar Ilmu, 23(2), 167–172. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16423
Rachmawati, Y. E. (2012). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Awal Dan Tingkat Akhir Di Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–25.
Widianawati, A. (2017). Hubungan Self Efficacy, Kemandirian Belajar, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Klirong Tahun Pelajaran 2016/2017. i–115. http://202.91.10.51:8080/xmlui/bitstream/handle/123456789/1889/132140158-Anisa Widianawati-ilovepdf-compressed.pdf?sequence=1&isAllowed=y
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).