EFEKTIVITAS GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BERAU KALTIM

Samsiadi Samsiadi(1*), M. Nurul Humaidi(2)

(1) UMM
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengkaji efektivitas penggunaan Google  Form sebagai media penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian survei. Obyek penelitian adalah siswa dan guru kelas XII SMK Negeri Berau dengan populasi 220 orang. Teknik pengambilan  menggunakan simple ramdom sampling dengan jumlah sampel 137 responden. Jumlah responden ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan margin error 5%. Hasil penelitian menyebutkan bahwa aplikasi Google Form sangat efektif untuk dijadikan  sebagai media penialain dan evaluasi pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau. Data ini diperoleh dari hari quesioner yang telah disi oleh siswa  dan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru PAI di SMK Negeri 1 Berau. Penilaian menggunaan aplikasi Google Form lebih efektif dibanding  penilaian konvesional yang menggunakan kertas. Penilaian menggunakan kertas harus mengelurkan biaya yang lebih besar, namun kualitas tulisan kadang tidak jelas dan buram. Sedangkan penilaian menggunakan Aplikasi google form lebih efektif dari segi biaya dan tenaga serta efisien dari segi waktu. Kelemahan dari penggunaan aplikasi Google Form adalah ketika terjadi gangguna sinya, sehingga aplikasi ini tidak dapat digunakan dengan baik


Keywords


Google Form; Media Penilaian; Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdul, D. (2020). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran PAI. Al-Bahtsu, 5(2).

Anggraeni, D., & Ishom, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Form terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas IXA MTs Al Manshur Popongan Klaten. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.54622/academia.v3i1.49

Basori, S. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Era Digital Dengan Google Suite. Ahli Madia Press.

Ferdiansyah;, Ambiyar;, Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1).

Hakim’s, L., & Safi`i, I. (2021). Efekyivitas Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Aplikasi Google Form. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(2). https://doi.org/10.21009/bahtera.202.03

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (L. Toni (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Handayani, G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Form Untuk Ujian Akhir Semester Bagi Mahasiswa PGMI Al Hilal Sigli. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 1(1).

Hasyim. (2018). Metode Penelitian Praktis (Hasyim (ed.); Cetakan Ke). Pena Borneo.

Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1). https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379

Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2152

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa COVID 19 Di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186

Nurhaliza, A., Sudjani, D. H., & Maryani, N. (2022). Google Formulir Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19. … Pendidikan Bahasa Arab.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Research, M. (2018). Google Form Tutorial. PT Mulia Karya Inovasi.

Sahlani, L. (2020). Asesmen Pembelajaran Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Sejaran Kebudayaan Islam di MAN 2 Bandung. Jurnal Al-Ibanah, Vol. 05 No.

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Effectiveness of Google Form Assessment Media on Ict. Prosiding Seminar Nasional, 1(September).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D Dalam Penelitian Pendidikan (Edisi Ke-3). CV. Alfabeta.

Suprihanto, A. (2016). Pemanfaatan schoology untuk meningkatkan kemampuan membuat dokumen massal dengan mail merge siswa kelas x SMK negeri 1 bawen. Unes Press.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMA Kelas X. Pythgoras, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).