EFEKTIVITAS GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BERAU KALTIM
(1) UMM
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji efektivitas penggunaan Google Form sebagai media penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian survei. Obyek penelitian adalah siswa dan guru kelas XII SMK Negeri Berau dengan populasi 220 orang. Teknik pengambilan menggunakan simple ramdom sampling dengan jumlah sampel 137 responden. Jumlah responden ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan margin error 5%. Hasil penelitian menyebutkan bahwa aplikasi Google Form sangat efektif untuk dijadikan sebagai media penialain dan evaluasi pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau. Data ini diperoleh dari hari quesioner yang telah disi oleh siswa dan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru PAI di SMK Negeri 1 Berau. Penilaian menggunaan aplikasi Google Form lebih efektif dibanding penilaian konvesional yang menggunakan kertas. Penilaian menggunakan kertas harus mengelurkan biaya yang lebih besar, namun kualitas tulisan kadang tidak jelas dan buram. Sedangkan penilaian menggunakan Aplikasi google form lebih efektif dari segi biaya dan tenaga serta efisien dari segi waktu. Kelemahan dari penggunaan aplikasi Google Form adalah ketika terjadi gangguna sinya, sehingga aplikasi ini tidak dapat digunakan dengan baik
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdul, D. (2020). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran PAI. Al-Bahtsu, 5(2).
Anggraeni, D., & Ishom, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Form terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas IXA MTs Al Manshur Popongan Klaten. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.54622/academia.v3i1.49
Basori, S. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Era Digital Dengan Google Suite. Ahli Madia Press.
Ferdiansyah;, Ambiyar;, Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. P. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1).
Hakim’s, L., & Safi`i, I. (2021). Efekyivitas Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Aplikasi Google Form. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(2). https://doi.org/10.21009/bahtera.202.03
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (L. Toni (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Handayani, G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Form Untuk Ujian Akhir Semester Bagi Mahasiswa PGMI Al Hilal Sigli. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 1(1).
Hasyim. (2018). Metode Penelitian Praktis (Hasyim (ed.); Cetakan Ke). Pena Borneo.
Kalsum, T. U., Suryana, E., & Nopitasari, V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. Jurnal PADAMU NEGERI (Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Eksakta), 1(1). https://doi.org/10.37638/padamunegeri.v1i1.118
Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379
Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2152
Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa COVID 19 Di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.186
Nurhaliza, A., Sudjani, D. H., & Maryani, N. (2022). Google Formulir Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi Covid-19. … Pendidikan Bahasa Arab.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Research, M. (2018). Google Form Tutorial. PT Mulia Karya Inovasi.
Sahlani, L. (2020). Asesmen Pembelajaran Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Sejaran Kebudayaan Islam di MAN 2 Bandung. Jurnal Al-Ibanah, Vol. 05 No.
Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Effectiveness of Google Form Assessment Media on Ict. Prosiding Seminar Nasional, 1(September).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D Dalam Penelitian Pendidikan (Edisi Ke-3). CV. Alfabeta.
Suprihanto, A. (2016). Pemanfaatan schoology untuk meningkatkan kemampuan membuat dokumen massal dengan mail merge siswa kelas x SMK negeri 1 bawen. Unes Press.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMA Kelas X. Pythgoras, 5(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).