EFEKTIVITAS MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA SISWA

Irfan Setianto(1), Cici Yulia(2*)

(1) 
(2) Unversitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media Canva dalam  meningkatkan penerimaan diri siswa  pada 10 siswa yang terpilih dari 36 siswa jurusan Tata Boga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 70 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre test-Post test design dan pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pada uji validitas, peneliti menggunakan korelasi pearson product moment sebanyak 44 pernyataan angket penerimaan diri dengan 30 pernyataan yang valid. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha cronbach memperoleh rhitung = 0,870 > rtabel  0,60, maka data tersebut sangat reliabel. Pada hasil pre test diperoleh nilai mean =78,60  dan pada post test diperoleh nilai mean = 85,60. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pre test dan post test. Pada uji hipotesis, peneliti menggunakan uji kolmogorov smirnov dengan hasil 0,200 > 0,005 yang berarti nilai residual berdistribusi normal. Kemudian, dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai Zhitung 2,818  > Ztabel 0,6985 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) yakni 0,005 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Ini menggambarkan bahwa penggunaan media canva dalam meningkatkan penerimaan diri siswa


Keywords


Efektivitas; Penerimaan Diri; Media Canva

References


Aflikah, U. (2019). Pengembangan Konselineg Berbasis Kekuatan Diri Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Pada Tunadaksa di Desa Purworejo-Pasuruan. Suranaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Gamayanti, P. d. (2016). Gambaran Penerimaan Diri (Self Acceptance) Pada Orang yang mengalami Skizofrenia. Jurnal Ilmiah Psikologi .

Hardiansyah, H. (2014). Pengunaan Model Pembelajaran Small Grup Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu di MTS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-12.

Heriyadi, A. (2013). Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Siswa Kelas VIII Melalui Konseling Realita di SMP Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hurlock. (2002). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ilma, V. A. (2020). Self-Acceptance from aqidah and Gender Perspective. Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2020), (hal. 196-199).

Leryan, L. P. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, (hal. 190-203).

Mappiere, A. (1982). Kamus Istilah Konseling & Terapi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Oktaviani, M. A. (2019). Hubungan Penerimaan Diri dan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo, 549-559.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam.

Refnadi, M. Y. (2021). Self Acceptance of high school students in Indonesia. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 15-23.

Santrock, J. W. (2008). Motor, Sensory, and Perceptual Development. Boston: Mc-Graw Hill Higher Education.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kantitatif Kualitatif Dan R&D.

Sulistyowati, N. W. (2017). Implementasi Small Grup Discussion dan Collaborative Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun.

Yusuf, M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid dan Penelitian Gabungan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).