EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEX EDUCATION PADA SISWA

Bella Saadah(1), Cici Yulia(2*)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Sex education sangat penting diberikan untuk mencegah penyimpangan seksual pada individu. satu dari upaya kreatif untuk membuat pembelajaran menjadi menarik yakni melalui penggunaan media flashcard. Tujuan penelitian ini yakni guna mengukur efektivitas pemakaian media flashcard  guna meningkatkan pemahaman Sex education siswa. Adapun penelitian ini memakai analisis pre-eksperimen seperti one-group pre-test dan posttest design. Instrumen dalam penelitian ini memakai angket dengan 23 item pertanyaan untuk mengukur efektivitas media flashcard untuk meningkatkan pemahaman mengenai Sex education. Teknik pengambilan sampel dalam analisis ini  memakai purposive sampling dimana jumlah sampelnya 10 orang siswa kelas VIII SMPN 148 Jakarta. Pada hasil pre test diperoleh nilai mean = 87,8 dan pada post test diperoleh nilai mean = 62,4. Hal ini menunjukan bahwasanya ada  perbedaan dintara hasil pre-test dan post-test. Pada uji hipotesis, peneliti memakai uji kolmogorov smirnov dengan hasil 0,200 > 0,005 yang berarti nilai residual berdistribusi normal. Kemudian, dengan uju wilcoxon diperoleh nilai Zhitung 2,821  > Ztabel 1,960 dan nilai asymp. Sig (2-tailed) ialah 0,005 < 0,05 yang menerangkan bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga bisa disimpulkan bahwasanya terdapatnya perbedaan hasil diantara sebelum serta sesudah diberi perlakuan. Hal ini terlihat bahwasanya penggunaan media flashcard efektif saat meningkatkan pemahaman Sex education siswa


Keywords


Efektivitas; Flashcard; Sex Education

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, Suharaimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Anggraini, D., R., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282

Madyawati, L., Zubadi, H., & Yudi, D. (2016). The Development of Multiple Intelligence Based Play Therapy Media for Children After the Disaster in Central Java. The 4th University …, 17–29. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7674/Humanoria_3.pdf?sequence=1

Yuliastini, N. K. S., Dharma Tari, I. D. A. E. P., Putra Giri, P. A. S., & Dartiningsih, M. W. (2020). Penerapan Media Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Keterampilan Guru BK dalam memberi Layanan Pendidikan Seks terhadap Peserta Didik. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 117–124. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25055




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).