EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEX EDUCATION PADA SISWA
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author
Abstract
Sex education sangat penting diberikan untuk mencegah penyimpangan seksual pada individu. satu dari upaya kreatif untuk membuat pembelajaran menjadi menarik yakni melalui penggunaan media flashcard. Tujuan penelitian ini yakni guna mengukur efektivitas pemakaian media flashcard guna meningkatkan pemahaman Sex education siswa. Adapun penelitian ini memakai analisis pre-eksperimen seperti one-group pre-test dan posttest design. Instrumen dalam penelitian ini memakai angket dengan 23 item pertanyaan untuk mengukur efektivitas media flashcard untuk meningkatkan pemahaman mengenai Sex education. Teknik pengambilan sampel dalam analisis ini memakai purposive sampling dimana jumlah sampelnya 10 orang siswa kelas VIII SMPN 148 Jakarta. Pada hasil pre test diperoleh nilai mean = 87,8 dan pada post test diperoleh nilai mean = 62,4. Hal ini menunjukan bahwasanya ada perbedaan dintara hasil pre-test dan post-test. Pada uji hipotesis, peneliti memakai uji kolmogorov smirnov dengan hasil 0,200 > 0,005 yang berarti nilai residual berdistribusi normal. Kemudian, dengan uju wilcoxon diperoleh nilai Zhitung 2,821 > Ztabel 1,960 dan nilai asymp. Sig (2-tailed) ialah 0,005 < 0,05 yang menerangkan bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga bisa disimpulkan bahwasanya terdapatnya perbedaan hasil diantara sebelum serta sesudah diberi perlakuan. Hal ini terlihat bahwasanya penggunaan media flashcard efektif saat meningkatkan pemahaman Sex education siswa
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, Suharaimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Anggraini, D., R., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282
Madyawati, L., Zubadi, H., & Yudi, D. (2016). The Development of Multiple Intelligence Based Play Therapy Media for Children After the Disaster in Central Java. The 4th University …, 17–29. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7674/Humanoria_3.pdf?sequence=1
Yuliastini, N. K. S., Dharma Tari, I. D. A. E. P., Putra Giri, P. A. S., & Dartiningsih, M. W. (2020). Penerapan Media Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Keterampilan Guru BK dalam memberi Layanan Pendidikan Seks terhadap Peserta Didik. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 117–124. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25055
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).