EFEKTIVITAS MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA

Ayu Retno Hartanti(1), Cici Yulia(2*)

(1) Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu dari banyak hal yang mungkin mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam hidup adalah orang itu sendiri. Tingkat kepercayaan diri berkembang menjadi masalah yang menghalangi orang untuk terlibat dalam kegiatan belajar sosial dan akademik. Dilihat dari hasil penyebaran instrument kepercayaan diri kepada siswa kelas Perhotelan didapatkan bahwa kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa masih ternilai rendah. Ini mungkin terjadi ketika anak-anak berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan sambil menunjukkan tanda-tanda kecemasan, atau rasa malu, untuk bertanya atau menjawab pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas media Canva dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa pada 10 siswa yang terpilih dari 36 siswa di kelas Perhotelan SMKN 70 Jakarta . Digunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pre test-Post test design dan pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. untuk uji validitas, peneliti memakai korelasi pearson product moment sejumlah 42 pernyataan angket pengambilan keputusan dengan 32  pernyataan yang valid. Sedangkan pada uji reliabilitas dengan memakai rumus alpha cronbach mendapatkan rhitung = 0,915 > rtabel  0,60 maka data tersebut sangat reliabel. Pada hasil pre test diperoleh nilai mean =58,4  dan pada post test diperoleh nilai mean = 86,5. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa ditemukan perbedaan hasil antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Ini menggambarkan bahwa penggunaan media canva dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa


Keywords


Kepercayaan Diri; Media; Canva

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Audia, C., Yatri, I., Aslam, Mawani, S., & Zulherman. (2021). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012114. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012114

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). nsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143-148.2. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/119800

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–5.

Gunawan, I. M., & Wulandari, J. (2017). Pengaruh Teknik Biblioterapi Terhadap Kesadaran Diri Siswa. Jurnal FIP IKIP Mataram, 2, 192–197.

Hasmayni, B. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Analitika, 6(2), 98–104.

Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA Garris. 8(2), 79–96.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (2nd ed.). Alfabeta.

Syam, N. W. (2014). Psikologi Sosial Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Simbiosa Rektama Media.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).