EFEKTIVITAS MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA

Novi Mulyani(1), Cici Yulia(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang memiliki self esteem yang rendah. Self esteem yang rendah ini disebabkan karena siswa tidak menyadari kelebihan yang dimiliki nya, siswa selalu membandingkan diri dengan orang lain, siswa tidak percaya terhadap kemampuan dirinya sendiri. Untuk meningkatkan self esteem siswa bisa dilakukan melalui pemberian layanan Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan Konseling ialah pemberian bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa untuk memabantu dalam memecahkan masalah serta menjadikan siswa mandiri. Untuk memberikan layanan yang maksimal maka guru BK harus menggunakan media sehingga siswa mudah mengerti materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan media canva untuk meningkatkan self esteem siswa. Hasil penelitian ini di awali dengan pengolahan data untuk uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan rhitung lebih besar dari rtabel dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha Cronbach dengan memperoleh hasil yang berklasifikasi tinggi. Uji coba media canva mendapatkan rata-rata pada pretest 76,7 dan posttest mendapatkan rata-rata 84 hal tersebut menunjukan adanya peningkatakan self esteem sebelum menggunakan media canva dan setelah menggunakan media canva sehingga dinyatakan memberikan pengaruh untuk meningkatkan self esteem siswa


Keywords


Efektivitas; Media Canva; Self Esteem

References


Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Branden, N. (1995). The Six Pillars of Self-Esteem: The Definitive Work on Self-Esteem by the Leading Prioneer in the Field. Bantam.

Coopersmith, S. (1967). Antecedents of Self Esteem by Stanley Coopersmith. W.H. Freeman & Company.

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Gyun, Y. H. (2021). Buku How To Respect Myself. TransMedia Pustaka.

Irfan, Jarkawi, & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 79–87.

Mila, N., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian, 181-188.

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 1829–8419.

PER-01/PJ/2017, N. (2017). No Title????? ????. Occupational Medicine, 53(4), 130.

Refnadi, R. (2018). (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).