PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENGHADAPI TURBULENSI PENDIDIKAN YANG BERKEMAJUAN

Eka Firmansyah(1*), M. Nurul Humaidi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Era ini merupakan era yang mengharuskan kita untuk menggantikan semua sistem manual menjadi sistem digital, tidak terkecuali dengan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana pendidikan bagi guru dalam menyediakan bahan ajar, juga meningkatkan kreativitas siswa, dan membangkitkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran yang diadakan. Selain itu media juga dapat digunakan untuk memotivasi siswa belajar dengan menulis, berbicara, serta membayangkan apa yang mereka inspirasi. Penelitian ini kami lakukan dengan menggunakan studi kepustakaan, dimana kami mengumpulkan literatur-literatur yang kemudian membuat sebuah kajian yang mendalam mengenai penerapan media dalam bentuk teknologi diera seperti sekarang ini. dengan demikian itu ditemukan bahwa, Saat ini dengan berkembangnya teknologi informasi, metode pembelajaran juga mengalami perubahan. Saat ini berbagai informasi dengan mudah diakses oleh siswa. Berbeda dengan zaman sebelumnya yang para siswa mendapatkan informasi pelajaran dari media cetak dan televisi saja, namun saat ini segala informasi dengan mudah diakses melalui internet. Diantara media pembelajaran yang ada ialah seperti tape recorder, buku, film, dan komputer, dll, yang digunakan untuk menyampaikan isi bahan ajar secara fisik


Keywords


Media Pembelajaran; Media Berbasis Teknologi; Turbulensi Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Addakhil. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum. 9(1).

Aoun, Joseph E. (2018). Robot-Proof: Higher Education in the Age of Artificial Intelligence. Journal of Education for Teaching.

Dunwill, E. (2016). 4 Changes That Will Shape the Classroom of the Future: Making Education Fully Technological. https://elearningindustry.com/4-changes-will-shapeclassroom-of-the-future-making-education-fullytechnological.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknilogi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. 2(1).

Fisk, P. (2017). Education 4.0. the Future of Learning Will Be Dramatically Different, in School and throughout Life (last modif).

Halim, Stevani. (2018). Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. https://medium.com/@stevanihalim/revolusi-industri4-0-di-indonesia-c32ea95033da.

Herman, M., Dkk. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios.

Hussin, Anealka Aziz. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies.

Jay Lee et al. (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment.

Kozinski, Sieva. (2017). How Generation Z Is Shaping The Change In Education.

Liffler, M. & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the Future of Manufacturing| McKinsey & Company.

Pritandhari, M. & F. A. W. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.

Sutabri & Tata. (2014). Pengantar Teknologi Informasi.

Ulum, Achmad Saiful. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).