KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI COPING STRESS

Osi Hawasi(1), Cici Yulia(2*), Ahmad Yunus(3)

(1) University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(3) Universiti Sains Islam Malaysia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena banyaknya siswa yang mengalami berbagai masalah berupa tekanan, konflik yang tidak dapat di entaskan karena siswa kurang memiliki strategi coping stress. Strategi coping stress yaitu suatu upaya atau usaha yang dilakukan individu untuk mengentaskan masalah yang berhubungan dengan stress. Untuk meningkatkan kemampuan siswa mengenai strategi coping stress bisa melalui pemberian layanan Bimbingan dan Konseling. Bimbingan dan Konseling ialah pemberian bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada siswa untuk memabantu dalam memecahkan masalah serta menjadikan siswa mandiri. Untuk memberikan layanan yang maksimal maka guru BK harus menggunakan media sehingga siswa mudah mengerti materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan strategi coping stress siswa. Hasil penelitian ini di awali dengan pengolahan data untuk uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment  dengan rhitung lebih besar dari rtabel dan uji reliabilitas menggunakan uji alpha Cronbach dengan memperoleh hasil 0,897 yang berklasifikasi tinggi. Uji coba media ular tangga mendapatkan rata-rata pada pretest 72,5 dan posttest mendapatkan rata-rata 100 hal tersebut menunjukan adanya peningkatakan cara pandang sebelum menggunakan media ular tangga dan setelah menggunakan media ular tangga sehingga dinyatakan memberikan pengaruh


Keywords


Media Ular Tangga; Bimbingan Dan Konseling; Strategi Coping Stress

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriyani, J. (2019). Strategi coping stres dalam mengatasi problema psikologis. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37-55.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Analisis standar pelayanan minimal pada instalasi rawat jalan di RSUD Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 3(1), 103-111.

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Pips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091–2100. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.12425

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589

Irfan, Jarkawi, & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 79–87.

Putri, A. (2016). Pentingnya kualitas pribadi konselor dalam konseling untuk membangun hubungan antar konselor dan konseli. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 10-13.

Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: alfabeta.

Wulandari, D. P., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Keyakinan dalam Peningkatan Efikasi Diri Siswa SMP. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 95. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8882

Zulaikha, A. (2021). Strategi Coping Stress Belajar Daring Pada Siswa SMA Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3545–3551. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1429




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).